Ngomongin cerita soal menantu dan mertua memang gak ada habis-habisnya pasti ada banyak sudut pandang berbeda dari keduanya. Tapi, namanya berumah tangga menikah dengan pasangan kita otomatis juga harus menerima beserta semua keluarganya.

Baper sama mertua itu biasa coba bikin happy aja, ada banyak cara buat ambil hati mertua biar hubungan tetap adem ayem. Gak perlu muluk-muluk buat dapetin predikat menantu kesayangan cukup hubungan yang harmonis saja.

Gimana menurut kamu setuju gak?hehehe

Telephone mama mertua dulu ah..

Anti Baper Sama Mertua

Waktu pacaran hal yang paling bikin deg-deg an pas kenalan sama calon ibu mertua, iya gak sih? Soalnya awal perkenalan dan kesan pertama bisa bikin kantong restu dan tidaknya untuk perjalanan hubungan selanjutnya. Walau terus dijalanin dan akhirnya kandas juga. Gak kebayang kalau sampai menikah tapi gak pernah disetujui sama ibu sendiri atau ibu dari pasangan kita, takut gak berkah aja.

Menikah itu salah satu jalan menuju gerbang kehidupan baru yang dimana rasanya sulit diungkapkan, karena selain menyatukan dua kepala tapi juga harus menyatukan dua keluarga dari watak, kepribadian, kebiasaan yang berbeda. Perbedaan akan selalu ada bahkan dengan orangtua sendiri, dimana sebagai pasangan emang harus pinter-pinter menyesuaikan dan menempatkan diri.

Terus bagaimana biar anti baper sama mertua?

Nah, kalo ini mama mertua-ku

Menghargai setiap perbedaan

Menghargai setiap perbedaan yang ada menjadi salah satu kunci agar selalu tercipta hubungan yang baik. Biar bagaimanapun mertua sudah menjadi orangtua kita juga. Yang paling sering dijumpai itu soal kebiasaan dan selera.

Misalnya saja ketika sedang menginap dirumah mertua kamu diminta untuk memasak nasi, karena terbiasa untuk memasak dengan  tekstur nasi yang pas (tidak terlalu lembek dan tidak juga terlalu kering) tapi ternyata mertua lebih suka dengan tekstur nasi yang lembek. Untungnya sih kalau seperti ini masih bisa diakali dengan cara menambahkan air dalam magic com dan masak kembali hingga air surut. Atau soal rasa masakan, kamu yang terbiasa makan masakan pedas tapi ternyata mertua malah gak suka pedas.

Kalo soal rasa namanya juga selera

Kasus lainnya yang banyak ditemui ketika sudah memiliki yaitu pengasuhan anak. Seperti mertua bercerita kalau bayi-bayi ‘dulu’ saat menginjak usia 1 bulan sudah bisa diberikan makanan seperti buah pisang. Bahkan tidak menunjukkan gejala apapun dan sampai saat ini anak tersebut masih hidup dan sehat wal-afiat.

Soal tradisi dan kebiasaan turun temurun terkadang memang sulit dipatahkan apalagi saat ini sudah semakin banyak sumber informasi yang bisa kita dapatkan. Jadi, ini soal komunikasi untuk bisa terbentuknya saling menghargai setiap perbedaan pendapat antara mertua dan menantu.

pengasuhan anak
Soal pengasuhan anak juga kerap terjadi perbedaan, bicarakan aja dengan mertua kamu

Selalu Berpikiran Positif

Namanya juga manusia pasti ada aja waktu dimana diliputi rasa yang bisa bikin gak enak hati, kesenggol dikit maunya marah atau jadi berperasaan. Perlu banget sih untuk mengenali karakter mertua seperti apa, apakah orang yang lemah lembut, disiplin, ceplas-ceplos, cuek, perfeksionis atau galak dsbg.

Sebagai menantu sepertinya harus mengimbangi mertua terlebih dahulu karena dengan karakter yang kita miliki gak bisa seratus persen langsung diterima dan klop dengan kebiasaan dan prinsip dari ibu mertua.

Semisal menantu yang punya perasaan lembut akan selalu dibuat baper kalau ternyata tidak menyadari karakter ibu mertuanya yang ceplas-ceplos atau menantu yang punya kebiasaan cuek kemungkinan bisa jadi cekcok terus menerus kalau tidak menyadari sifat ibu mertuanya yang serba perfeksionis.

Berpikir positif aja biar bisa dibawa enjoy karena pasti setiap kata yang mungkin bisa bikin kita baper ternyata memang punya maksud yang baik.

Kadang lewat pesan tulisan bisa salah tangkap, coba deh berpikiri positive aja

Menerima dan Memberi

Sebenarnya gak akan pernah ada yang namanya sama dan cocok, bahkan dengan orangtua kandung-pun seumur hidup bisa tidak pernah ada kecocokan apalagi dengan orang lain yang tiba-tiba menjadi bagian dalam hidup kita dan juga menjadi orangtua kita.

Jadi, ini soal menerima dan mengenal kebiasaan serta prinsip. Bukan hanya menerima kelebihan dan kekurangan pasangan tapi juga seluruh anggota keluarganya. Karena perbedaan pasti ada. Jembatan komunikasi yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh kita sebagai menantu bisa dilakukan oleh pasangan kita dengan orangtuanya.

Itulah sebabnya keterbukaan dengan pasangan juga penting. Jangan sampai nantinya malah timbul masalah.

Biar hubungan sama mertua selalu baik tentunya ada menerima dan memberi. Gak ada ruginya memberikan sesuatu untuk orangtua, karena pasti efeknya juga baik yang akan kita terima. Seperti melibatkan pengasuhan anak kepada mertua (tentunya ini bisa dengan kesepakatan pola asuh keluarga), menghormati mertua sebagaimana mestinya dan memberikan perhatian.

Coba pesen lewat Happy Fresh aja untuk mertua kamu

Memberikan perhatian untuk mertua bisa #bikinmertuahappy bisa dengan menanyakan kabarnya, bertukar cerita atau membawakannya buah kesukaan yang bisa dipesan lewat HappyFresh. Meski dalam pandemic seperti saat ini tidak menjadi halangan untuk menunjukkan perhatian ke ibu mertua.

Berhubung sekarang ada bayi dirumah rasanya memang gak memungkinkan untuk pergi ke supermarket atau pasar dengan situasi padat pengunjung. Karena saat ini menjaga kesehatan itu jauh lebih penting agar terhindar dari segala penyakit.

Sekalian main deh kerumah mama mertua terus kasih tau soal kenapa tiba-tiba ada Happy Fresh datang

Untungnya beli dengan menggunakan Happy Fresh bisa lewat web atau aplikasinya langsung, lagi tidur sambil nyusuin si kecil bisa sekalian order buah-buahan untuk ibu mertua. Ternyata buah yang datang dalam keadaan segar dan bagus. Artinya sih memang pilihan shopper-nya gak perlu diragukan lagi, karena sudah pasti dipilihkan yang terbaik.

Sempat ada beberapa item yang ternyata stok barangnya sedang kosong, tapi dengan sigap bisa diganti dengan barang lain ini tergantung dari permintaan kita sebagai customer apakah barang yang kita pilih bisa langsung diganti tanpa konfirmasi atau tidak. Pilihannya pun bisa dengan menelepon atau lewat chat.

Terkadang hal-hal kecil seperti memberikan perhatian ini suka luput dari pikiran kita dan terlalu memikirkan hal besar agar dapat memenangkan hati ibu mertua dan gak perlu selalu yang mahal untuk memberikan sesuatu.

Ada DISKON nih buat belanja di HAPPY FRESH

Buat yang mau berbelanja di Happy Fresh dan bikin mertua happy bisa langsung dapatkan DISKON 50 RIBU untuk pemesanan pertama dengan kode voucher MERTUAHAPPY

Lihat selengkapnya di Instagram @HappyFresh_id ya

Suka duka dengan mertua akan selalu ada bahkan sampai bikin baper sama mertua tapi dibuat Happy Aja, inget gak perlu muluk untuk mengejar menjadi menantu kesayangan cukup menjaga hubungan baik dengan mertua Insya Allah juga diberi kelancaran hubungan rumah tangga kedepannya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *