Semenjak nikah gak hanya status yang berubah, tapi ada banyak hal yang membuat saya belajar dan memperhitungkan. Semisal kalau belanja gak pernah tuh membandingkan tempat mana yang lebih murah, kalau mau beli ya udah beli aja gak sampai kejar mesti beli disini atau disitu. Perihal listrik juga demikian, serasa menghambur-hamburkan pemakaian listrik dirumah, sampai nyokap selalu ingetin buat matiin setiap lampu jika gak dipakai. Lebih suka mengabaikan daripada memperhatikan meski tau bayar listrik dirumah sekian rupiah. Tapi, itu dulu

Sekarang setiap bulannya kami mengeluarkan biaya listrik sekitar 400ribu rupiah, rasanya kok ya jadi mikir untuk tidak melewati batas pemakaian, syukur-syukur bisa kurang setiap bulannya. Sempat menjadi diskusi dengan suami mengenai energi listrik terbarukan, kapan yaa itu akan terjadi di Indonesia. Melihat beberapa negara seperti Eropa, Jepang dan Jerman sudah lebih dahulu menggunakan energi terbarukan tersebut.

Solusi Energi Terbarukan Untuk Indonesia Lebih Baik

Indonesia dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, tapi sempat kepikiran gak sih dengan melimpah ruahnya sumber daya alam yang kita miliki suatu saat bisa saja habis. Kedepannya inovasi mengenai energi terbarukan tanpa fosil bisa terjadi, jadi apakah harus menunggu habis dahulu baru mengerahkan solusi?

 

tantangan di indonesia

Pada kejadian saat ini setiap tahunnya listrik mengalami kenaikan 10-15% semua aktifitas yang kita lakukan hampir semuanya ketergantungan pada listrik. Bayangin jika listrik tidak ada? Gelap gulita bermandikan cahaya lilin layaknya ditengah pedesaan, serta memasak dengan tungku kayu bakar dan mengambil air dengan pompa manual.

Segala sesuatu semuanya sudah dibuat mudah dengan kecanggihan teknologi, magic com untuk menanak nasi yang tinggal klik beberapa saat kemudian langsung matang. Air panas untuk mandi yang tinggal diputar kerannya langsung keluar, semua yang digunakan secara manual alias dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan api sekarang dapat digunakan dengan bantuan energi listrik.

 

batre baran
Nah ini dia nih Batre Baran

 

 

Sumber energi listrik yang kita gunakan saat ini bersumber dari minyak bumi, nah bagaimana ketika suatu saat minyak bumi habis, masihkan kita dapat menikmati energi listrik?

Menariknya minggu lalu aku menghadiri CEO Talk yang diadakan oleh Baran Energy mengenai “Cara Baru Mengkonsumsi Energi Tanpa Fosil” dengan narasumbernya yaitu Bapak Victor Wirawan selaku CEO Aldebaran Indonesia.

victor wirawan

BARAN Energy

Jika di luar negeri punya Tesla maka Indonesia punya Baran yang akan memberikan solusi untuk menikmati listrik dengan memanfaatkan energi terbarukan tanpa harus bayar listrik setiap bulannya selama 20 tahun.

Bapak Victor Irawan adalah orang dibalik Baran Energy, yang mempunyai mimpi bahwa Indonesia juga bisa memiliki sumber energi terbarukan seperti halnya negara-negara berkembang lainnya yang sudah lebih dahulu memiliki.

jenis baran

Baran adalah inovasi terkini dari anak-anak bangsa Indonesia yang menghasilkan teknologi power terkini untuk menghantarkan energi panel solar (cahaya matahari) yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Dengan menggunakan Baran tentunya akan membantu masyarakat Indonesia untuk menghemat energi dan biaya.

Selain tenaga surya (matahari) sumber bahan bakar lain Baran Power yaitu air (turbin) dan angin (kincir). Ketiga energi tersebut diserap lalu dirubah dan disimpan dalam suatu alat, ada tiga jenis produk yang ditawarkan Aldebaran Indonesia yaitu :

BARAN

Baran Powerwall

Yaitu sebuah Energi storage yang berisi 600 baterai dan berkapasitas 8800 wh dapat digunakan untuk menghidupi energi dirumah atau keperluan bisnis. Dengan spesifikasi sebagai berikut :

Specification

Usable Capacity : 8800Wh

Scalable : up to 4 (depend on inverter capabilty)

Battery : Based on lithium ion technology, fully managed and liquid cooled.
Dimension

Width : 1000 mm

Length : 600 mm

Height : 200 mm

baran ev

 

Sesuai dengan namanya Baran Powerwall ditempatkan di dinding, dengan design yang modern, sesuai dengan taglinenya Lifestyle/Simple/Powerfull bahkan casing pada Baran Powerwall dapat diganti dengan berbagai macam gambar salah satunya batik.

Soal keamanan serta dalam jangkauan anak-anak, tentunya bisa dipastikan Baran Powerwall sudah mengantongi sertifikasi keamanan yang baik. Selain itu soal penyimpanan energi yang berasal dari cahaya matahari dan ditampung dalam saluran Panel Surya. Dibutuhkan waktu sektiar 4 jam pada siang hari untuk mengisi energi tersebut yang kemudian diubah menjadi energi listrik yang dapat digunakan pada malam hari.  Tentunya hal inilah yang diharapkan oleh banyak orang di Indonesia untuk menghemat biaya listrik dari kenaikannya setiap tahun yang mencapai sekitar 10-15%. Nah, kalau dipikir-pikir nominal 10-15% tersebut dapat kita alokasikan untuk dana lainnya seperti investasi atau tabungan.

 

baran cube

Baran Cube

Selanjutnya ada Baran Cube, produk yang satu ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam skala besar seperti real estate, area industri, serta perkebunan dll. Untuk itu dalam satu Baran Cube bisa menyimpan 1 mega watt energi yang mampu menghidupi 4000 rumah.

Tidak hanya sampai energi untuk kebutuhan rumah saja, Aldebaran Indonesia juga nantinya akan memproduksi mobil listrik dengan nama Baran EV.

 

baran mobil

Semoga dengan adanya inovasi karya anak bangsa yang memungkinkan kita untuk menikmati energi tanpa fosil yang dapat meminimalisir biaya listrik pertahunnya.

Untuk informasi selanjutnya serta perkembangan mengenai Baran Power bisa langsung mengunjungi website Baran dan Media Sosial di :

Website : Baran Energy

Facebook : Aldebaran

Instagram Pak Victor Irawan : Victor Irawan

Instagram : Baraenergy

 

1 thought on “BARAN – Solusi Energi Terbarukan Untuk Indonesia Lebih Baik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *