Maraknya media sosial ada begitu banyak yang share mengenai info tempat kuliner dan resep lewat photo dan video. Serunya gak hanya informatif tapi beberapa diantaranya food photography-nya ciamik. Nah, kepengen juga kan bisa photo makanan atau minuman semenarik dan bikin orang tambah ngiler. Beruntungnya kemarin aku belajar food photography di #iLotteHangout.

belajar food photography #ilottehangout 8

 

Belajar Food Photography di #iLotteHanghout bersama Antonius Subroto

Bertempat di Grom, Lotte Shopping Avenue saya dan teman-teman blogger yang akan belajar food photography bersama Antonius Subroto, seorang Food Photographer yang sudah berpengalaman di bidangnya, beberapa hasil photo karyanya bisa dilihat di instagram @coolineran.

Sehari sebelum event peserta yang datang sudah di-ingatkan untuk membawa kamera. Karena disana selain bisa langsung praktek, kami semua juga bisa mencoba beberapa produk dari Sigma Indonesia. Sayangnya aku gak sempat untuk mencoba, padahal kepengin banget. Soalnya harus nukar KTP dulu sih, sedangkan KTP aku kan hilang belum di urus hahaha jadi curhat.

belajar food photography #ilottehangout 1

Ada dua jenis food photo yaitu Food Still dan Food Lifestyle. Ada yang tau bedanya gak?

Nah, Food Still itu adalah objek atau makanan tersebut menjadi hero-nya, bisa lengkap dengan komposisinya yang super banyak ataupun bergaya ala #foodporn. Sedangkan Food Lifestyle adalah jenis photo makanan yang saat ini banyak berseliweran di timeline instagram. Karena memasukkan unsur lifestyle atau terdapat orang yang sedang beraktifitas di dalamnya.

Lalu, hal-hal apa saja sih yang harus diperhatikan dalam food photography?

1. Pemilihan Subjek

Pemilihan subjek meliputi komposisi yang akan dipakai dalam food photography atau bisa dibilang konsep-nya dulu kali ya, diantaranya :

– Segitiga/Oval/ Bulat/ Persegi/ Trapesium,

– Warna (terang/gelap)

– Kasar atau halus,

– Padat atau cair

– Memantulkan cahaya atau meredam cahaya

 

2. Pencahayaan

Cahaya yang akan digunakan berasal dari dua sumber yaitu cahaya alami alias matahari serta cahaya lampu dengan 1 sumber atau 2 sumber.

Dalam pencahayaan gak asal loh, gak cuma yang penting terang aja tapi juga tergantung konsep yang akan kita buat, dan sumber cahaya tersebut mempengaruhi mood photo yang akan kita ambil seperti : cahaya dari depan/ samping/ belakang/ atas. cahanya yang langsung menuju objek atau berupa pantulan dan cahaya yang dihasilkan bersifat lembut atau keras.

belajar food photography #ilottehangout 2
Photo dengan cahaya dari samping tanpa difuser

 

3. Angle

Ada beberapa sudut pengambilan gambar yang digunakan yaitu Top angle/  45 derajat/ eye level

belajar food photography #ilottehangout 5
contoh photo dengan angle eye level

4. Komposisi

Komposisi photo ini termasuk konsep photo yang akan kita buat. Buat yang masih belajar sebenarnya bisa juga loh mencontek photo yang akan kamu buat. Mulai dari bentuk props atau tata letak props yang akan digunakan. Semakin sering berlatih mengenai komposisi nantinya kamu juga akan dapat feel dan ciri khas dari photo kamu sendiri. Jadi, practice makes perfect ya!.

belajar food photography #ilottehangout 6
gak mau kalah, pengen di photo kaya model juga.

 

Delicioushot With Grom Supported by Sigma

Selesai mendapatkan penjelasan dari Mas Adi, saatnya semua peserta langsung mempraktekkannya secara langsung. Jadi gak cuma teori aja, prakteknya juga dong, biar cepat paham hehehe.

Objek makanan yang akan kita gunakan adalah gelato ice cream dari GROM, yaitu gelato asli dari Italy dengan bahan-bahan alami, tanpa bahan pengawet. Rasanya-pun enak dan segar khususnya untuk rasa buah karena menggunakan buah-buahan asli, aku suka sih rasa cokelatnya karena tidak terlalu manis namun cokelatnya terasa pekat.

Praktek photo dengan ice cream yang kita gunakan dengan dummy terlebih dahulu karena jika terlalu lama diluar ruangan apalagi terpapar lampu sudah bisa dipastikan gelato akan meleleh dengan cepat.

Disini kita di kasih contoh penggunaan cahaya dari samping, depan dan belakang. selain itu juga mengetahui bedanya cahaya yang keras dan lembut, apabila cahaya terlalu keras mengakalinya dengan cara menggunakan difuser atau meletakkan kertas putih polos didepan lampu.

belajar food photography #ilottehangout 3
hasil photo dengan menggunakan difuser

Gak cuma soal photo Food Still aja, akan ada model yang bersedia dijadikan objek untuk penggunaan tipe photo Food Lifestyle.

Selesai belajar bareng-bareng kami semua mendapatkan gelato ice cream yang akan digunakan untuk potret dengan gaya sendiri. Hasil photo tersebut akan dibuat challenge online di Instagram. Alhamdulillah saya menjadi salah satu pemenangnya dengan mendapatkan merchandise dari Sigma Indonesia.

Ini dia hasil photo yang aku tangkap mulai dari keseruan acara hingga mempraktekkan sendiri photo Food Still dan Food Lifestyle.

belajar food photography #ilottehangout 4
contoh photo food lifestyle

Setelah belajar dan mencoba sendiri teknik Food Photography apalagi sempat pinjam kamera teman yang pakai lensa sigma, jadi kepingin nabung beli lensa baru deh. Soalnya di iLotte.com produk dari Sigma Indonesia sedang ada diskon menggiurkan, sayang banget kan kalau sampai di anggurin hehehe.

Semoga setelah mengikuti workshop Food Photography di #iLotteHangout saya bisa makin jago untuk potret makanan ya. hihihi.. dan Terimakasih untuk iLotte.com yang sudah mengundang aku serta Sigma, Grom, Manfrotto, Peak Design Indonesia dan IStyle Indonesia yang sudah memberikan saya kesempatan untuk belajar plus bisa hangout juga bareng temen-temen blogger lainnya. duh kaya opening dapet penghargaan aja ya hihihi.

belajar food photography #ilottehangout 7
gelato ice cream GROM enak banget deh.

Buat yang ngiler pengen gelato ice creamnya, kamu bisa langsung datang ke outletnya di Lotte Shopping Avenue, Pacific Place dan Plaza Senayan. Tapi, jangan sedih kalo gak bisa kemana-mana karena Grom Gelato juga menyediakan delivery dalam hari yang sama hanya 3 jam dengan menggunakan iLotte.com loh.

See you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *