Akhir-akhir ini tradisi makan bersama dalam suatu wadah yang dinamakan Nasi Bancakan sedang hip diberbagai tempat. Bahkan sudah membawa budaya makanan traditional ini hingga ke berbagai hotel berbintang. Nah, ngomong-ngomong Nasi Bancakan. Kemarin gw bersama dengan teman-teman buka bersama dengan nasi bancakan di Maple Hotel Jakarta.

Ternyata Maple Hotel Jakarta ini adalah sebuah hotel yang baru saja soft opening bulan Mei 2017 lalu. Pantas saja masih terlihat beberapa pembenahan pada beberapa bagian, meski begitu tidak menyurut keceriaan untuk tetap berbuka puasa bersama.

 

Buka Bersama dengan Nasi Bancakan di Maple Hotel Jakarta

Bancakan menurut yang saya baca adalah salah satu bagian dari selamatan atau syukuran yang biasanya diadakan sebagai bentuk rasa syukur untuk memperingati kelahiran anak. Bancakan sendiri adalah acara makan bersama dalam satu wadah, dimana tradisi ini sangat popular di kampong-kampung, terutama di daerah Jawa.

Tradisi bancakan sendiri mempunyai filosofi yang cukup unik. Saat makan bersama dalam satu tempat, setiap orang duduk rendang mengelilingi wadah makanan tersebut. Tidak ada perbedaan apakah orang-orang yang makan adalah berasal dari keluarga kaya atau miskin, karena pada saat itu statusnya sama.

Bahkan jika ditelusuri, tidak ada unsur jijik satu sama lain ketika menikmati makanan bersama, malah beberapa berpendapat, itu adalah seni dari bancakan yang mampu membangkitkan selera makan. Budaya tersebut lah yang mencerminkan semangat gotong royong dan kerukunan dalam bermasyarakat.

Moment buka puasa seperti inilah yang tepat untuk kembali merekatkan tali silaturahmi. Makanya tidak heran, kalau beberapa tempat makan termasuk resto pada hotel berbintang saat ini menyediakan menu tradisional salah satunya menghadirkan pilihan Nasi Bancakan.

Entah pertama kali siapa yang mempopulerkan dan mulai kembali mengangkat tradisi ini yang jelas kini Nasi Bancakan banyak sekali diminati oleh pemburu kuliner di ibukota Jakarta.

Maple Hotel Jakarta, sebuah hotel bintang tiga yang terletak di daerah Jakarta Barat. Tepatnya 10 Mei 2017 telah menggelar soft opening. Kembali memeriahkan pembukaannya Maple Hotel Jakarta, saya dengan teman-teman yang lain datang untuk Buka Bersama dengan Nasi Bancakan di Maple Hotel Jakarta Restoran.

Menurut gw Maple Hotel Jakarta mempunyai design yang modern minimalis, dimana setiap sudutnya itu menarik dan instagramble banget. Adzan maghrib sudah tiba, dan kami semua kemudian membatalkan puasa terlebih dahulu serta menikmati sajian gorengan dan juga kurma, setelah itu barulah menyantap Nasi Bancakan Maple Hotel Jakarta.

Maple Hotel Jakarta mempunyai paket buka puasa Nasi Bancakan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu, Rp. 360.000,- nett untuk 6 (enam) orang. Hemat banget kan, bisa makan dalam kebersamaan bersama dengan teman dengan harga yang terjangkau.

Nasi Bancakan yaitu pada meja panjang yang sudah di gelar dengan daun pisang memanjang lalu disusun dengan berbagai macam lauk serta sayur, yang ada dihadapan saya terdapat ikan goreng tepung serta ayam goreng dan juga tahu tempe lengkap dengan lalapan dan sambal.

Melihat begitu banyak makanan yang tersaji, malah membuat gw tidak dapat menghabiskan makanan tersebut. Memang sih, puasa tahun ini entah mengapa nafsu makan gw standar banget. Baik pada saat sahur maupun berbuka tidak selahap biasanya, bahkan makanpun secukupnya saja.

Selesai berbuka, ternyata ada pengundian door prize yang dimana akan mendapatkan voucher kamar dan juga makan di restoran. Alhamdulillah kali ini gw yang mendapatkan voucher kamar dan teman gw , dita yang mendapatkan voucher meal. Jadilah, kita berdua janjian untuk menikmati voucher tersebut di hari minggu.

Bagi yang sedang mencari hotel bintang 3 (tiga) daerah Jakarta Barat jalan daan mogot. Boleh banget nih, untuk mencoba staycation dan menikmati Nasi Bancakan di Maple Hotel Jakarta.

 

Maple Hotel Jakarta

Jl.Β Kali sekretaris no 55

North Tanjung Duren, Grogol petamburan

Jakarta Barat 11470

www.maplehotel.id

 

4 thoughts on “Buka Bersama dengan Nasi Bancakan di Maple Hotel Jakarta”

  1. Makan bareng2 di satu wadah itu emang enak. Aku sering makan sepiring berdua sama suami. Kalau porsinya sih kyk bwt 3 orang, wakaka. Tempatnya aja yang sepiring, biar gak banyak cucian πŸ˜€

  2. Aku udh lama penasaran dgn sistem makan rame2 gini :). Kmrn kantor udh ngusulin mba, krn kita tiap thn pasti adain acara buka puasa rame2 ama semua staff termasuk ob dan security. Sayangnua beberapa ga setuju krn g semua orang sih mau makan rame2 begini .. Makanya trpaksa dibatalin dan diganti sistem buffet. Pdhl aku udh seneng pas diusulin bancakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *