“Dari kecil diberi nutrisi baik dan makanan 4 sehat 5 sempurna. Gedenya makan cilor sama gorengan yang minyaknya item” – twitter @mahasiswikupu2

Hayoo ngaku, pasti banyak yang relate dengan twit tersebut, bahkan sedari dalam kandungan ibu sudah berusaha untuk mengkonsumsi makanan sehat agar janin tumbuh kembang dengan baik hingga saat lahir-pun demikian. Itulah sebabnya ada cara gampang terapkan pola makan sehat untuk milenial.

Makin maraknya jajanan kekinian yang belum tentu sehat mulai dari ingredients hingga cara pengolahannya tentunya dapat menarik minat kita semua untuk mencicipinya, ditambah rasa gurih yang semakin bikin sakau kepingin lagi dan lagi.

informasi nilai gizi bpom

Jikalau dirumah pantauan gizi dan nutrisi dapat dijaga oleh ibu sebagai kepala nutrisi dan koki dirumah, namun selepas dari rumah akan ada banyak godaan yang belum tentu bisa kita hindari, mulai dari MSG, pewarna makanan, makanan yang belum tentu higienis dll.

pola hidup sehat milenial bpom

Minggu lalu aku bersama dengan teman-teman ikut dalam Ngobrol Asik Milenial bersama BPOM dengan narasumber Dr.Ir.Penny K.Lukito, MCP (Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI) dan Prof.Dr.Purwiyatno Hariyadi, MSc.CFS.

Selain itu tentunya juga di isi oleh adik-adik dari beberapa Sekolah Menengah Atas Jakarta yang turut serta berbagi pandangannya mengenai makanan sehat serta penampilan kreasi yel-yel.

ngobrol milenial bpom 1

Cara Gampang Terapkan Pola Makan Sehat Untuk Milenial

Hal pertama yang dapat kita lakukan dalam menerapkan pola makan sehat untuk milenial yaitu bisa dengan langkah berikut ini:

  • Mengetahui informasi nilai gizi
  • Berpikir Kritis
  • Ingat pesan keamanan pangan

a. Mengetahui Informasi Nilai Gizi

Sedikit banyaknya yang seringkali mengabaikan nilai gizi daripada rasa, asalkan rasanya enak dan dapat diterima oleh lidah serta bikin kenyang tapi minim nilai gizi untuk tubuh sendiri. Kalau dibiarkan terus menerus bisa berdampak pada penyakit. Tentunya efek penyakit tersebut tidak dirasakan saat itu juga, karena dalam jangka panjang jika terus dibiarkan akan berdampak pada penyakit serius.

Makanya gak heran kalau banyak anak milenial atau yang masih pada muda sudah terkena penyakit “tua” seperti Diabetes, Stroke, Hipertensi, Kolesterol dll. Wah kalau sudah begini gimana mau hidup enak dan sehat sampai tua donk yah.

Meskipun banyaknya jajanan street food, kekinian atau bahkan minuman dan makanan cepat saji yang dijual kita mesti kritis dan jangan malas untuk mencari tau informasi nilai gizi. Ingat apa yang kita konsumsi itulah yang akan masuk kedalam tubuh kita, jadi mesti sayang yah.

Seperti dalam makanan kemasan, biasanya terdapat informasi nilai gizi yang dapat kamu lihat. Saya sendiri sudah menerapkan hal ini setiap kali membeli minuman kemasan terutama menyoroti soal kalori dan jumlah gula yang tertera.

informasi nilai gizi dari BPOM
Cara Baca Informasi Nilai Gizi

b. Berpikir Kritis

Kemampuan menganalisa dan evaluasi pada suatu masalah atau isu untuk membentuk opini yang berasal dari pikiran kita sendiri dapat berlaku juga terhadap apa yang kita konsumsi. Dengan bentuk pertanyaan seperti konsep 5W1H (What, Where, When, Who, Why dan How).

Dilanjutkan dengan mengumpulkan banyak informasi yang tepat dan terpercaya dari berbagai sumber. Karena jika tidak pilah-pilih bisa termakan berita hoax yang belum jelas kebenarannya. Dari eksplorasi tersebut kita dapat membentuk suatu opini lain dan informasi yang dapat membawa pada hal baik atau buruk.

Jikalau sudah tau makanan atau minuman yang dikonsumsi tersebut tidak baik untuk tubuh dan bahan yang digunakan juga tidak jelas isinya, alangkah lebih baik menghindari daripada harus mengorbankan tubuh sendiri. Biasanya efek terdekat yang didapat menjadi masalah pada pencernaan.

street food bpom

c. Ingat Pesan Keamanan Pangan

Selain memperhatikan informasi nilai gizi pada kemasan, kita juga bisa antisipasi pada pesan keamanan pangan dengan cek KLIK, yaitu:

  • Santap pangan begitu dihidangkan
  • Simpan pangan hewani pada suhu di bawah 5 derajat celcius
  • Panaskan makanan kaleng hingga suhu 80 derajat celcius
  • Pastikan mencuci peralatan masak dengan benar
  • Cuci pangan dengan air matang
  • Jaga kebersihan saat mengolah pangan
  • Konsumsi produk pangan dengan aman
  • Perhatikan kebersihan diri saat mengolah pangan
  • Hindari kontak langsung dengan pangan matang
  • Masaklah pangan hingga matang sempurna
  • Simpan seafood dalam keadaan beku
  • Jaga higienis perorangan dengan baik

Cara gampang terapkan pola makan sehat untuk para milenial dimulai dari diri sendiri yang harus aware dengan kesehatannya. Karena kita adalah apa yang kita makan. Semoga 3 langkah tersebut dapat diterapkan serta bermanfaat bukan hanya untuk para milenial tapi untuk semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *