Memasuki masa pandemi yang sudah kita jalankan selama hampir sebulan lebih lamanya gak bisa dipungkiri sih memang bisa menimbulkan kejenuhan yang mendalam. Keluar rumah secara bebas dan aman kini harus diliputi rasa waspada yang tinggi.

Akan tetapi #stayathome seperti saat ini gak melulu merugikan kok, masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan walau #dirumahaja seperti mulai belajar masak agar lebih terjamin kualitas dan higienis makanan yang kita buat, berberes rumah yang tak pernah terjamah, mempelajari skill baru, bercocok tanam dan yang paling berkesan tentunya dapat berkumpul dengan keluarga.

Setelah melahirkan dan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah aja, gak bikin aku canggung kalau harus jadi anak rumahan sejenak (karena aku percaya pandemic ini akan berakhir segera)

Salah satu kegiatan yang kemarin ku lakukan sambil rebahan namun bermanfaat yaitu dengan #dirumahajabarengFWD apa sih itu?

stay at home

#DiRumahAjaBarengFWD

Aku tau ada acara #DiRumahAjaBarengFWD dari instagram Gita Bhebhita dan yang bikin menariknya lagi karena aka live juga bersama chef Putri Miranti. Salah satu chef yang aku follow juga instagram dan youtubenya. Soalnya suka berbagi resep masakan dan dessert yang enak dan gampang.

#dirumahaja bareng FWD

Instagram Live #DiRumahAjaBarengFWD episode 1 dengan tema Kolak (Kreasi Olah Takjil) yang dibuka oleh Gita Bhebhita sebagai host dan tentunya ada Chef Putri Miranti yang akan membagikan kreasi takjil yang gampang banget yaitu Cendol Chia.

Penasaran kan? Sama

Makanya ngabuburit sambil dengerin mereka live di instagram jadi gak berasa banget, bahkan aku juga sambil buat takjil untuk suami buka puasa. Untuk membuat cendol yang saya tau biasanya menggunakan tepung hunkwe dengan cetakan cendol yang berbentuk gayung dengan banyak lubang dibawahnya.

Gak punya cetakannya? Tenang aja masih tetap bisa membuatnya yaitu dengan menggunakan plastic segitiga. Caranya masukkan adonan cendol ke dalam plastic segitiga dan potong ujungnya (jangan terlalu besar ya) tekan adonan secara perlahan ke dalam wadah yang sudah berisikan es batu, dengan begitu adonan akan mengeras dengan sendirinya. Mirip membuat kelapa muda tiruan beb.

Aku juga baru tau ternyata untuk membuat cendol bisa menggunakan tepung beras, biasanya yang aku tau menggunakan tepung hunkwe. Tepung beras dicampur dengan agar-agar atau yang lebih enak sih dengan jelly (enak secara tekstur jadi lebih nge-jelly gitu).

Sedangkan untuk warna, cendol yang biasa kita kenal itu adalah warna hijau. Chef putri menjelaskan untuk mendapatkan warna hijau bisa menggunakan pasta pandan (pewarna makanan hijau) atau dengan menggunakan campuran daun pandan untuk aroma yang lebih nendang dan daun suji agar mendapatkan warna hijau yang lebih cantik. Bisa aja sih hanya menggunakan daun pandan saja tapi,warnanya agak kurang keluar gitu.

Buat yang penasaran mau mencobanya ini resep Cendol Chia dari Chef Putri Miranti ya:

Resep Cendol Chia

Bahan:
50gr Tepung Beras
1 pak Agar-Agar Plain / Jelly
Perisa/Extract Pandan secukupnya
Sejumput Garam
1 sdt Chia Seed
Susu
Sirup merah secukupnya
Air 500gr

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung beras, agar-agar/jelly, perisa pandan ke dalam panci lalu tuang air, aduk rata dan nyalakan kompor. Masak hingga matang atau meletup.
  2. Setelah matang tuang kedalam cetakan cendol, tekan ke dalam wadah yang sudah di isi dengan air dingin / es batu agar cendol cepat mengeras.

Penyelesaian:

Siapkan gelas lalu tuang cendol, chia seed yang sudah direndam dengan air, susu, sirup sesuai selera dan es batu.

Sajikan saat berbuka deh.

Melihat langsung proses pembuatannya selama ig live ternyata gampang banget, kebetulan aku hampir punya semua bahannya, jadi pengen langsung eksekusi nih.

Selama IG Live berlangsung yang didukung oleh FWD tidak hanya membagikan tips dan resep takjil tapi juga hadiah dengan menjawab 3 pertanyaan selama IG Live dan berkesempatan untuk Buka Bersama secara virtual dengan FWD, Gita Bhebhita dan Chef Putri Miranti.

ig live buka bareng FWD

Selain itu FWD melihat situasi pandemic seperti saat ini sangat mempengaruhi banyak orang gak hanya soal kesehatan aja tapi juga banyak keluarga yang terkena dampak dari covid-19 seputar kebijakan pembatasan sosial.

FWD Life berkolaborasi dengan SOS Children’s Village Indonesia mengajak kita semua untuk mendukung mimpi anak Indonesia dan turut berdonasi bagi anak-anak Indonesia terlebih dengan kondisi seperti saat ini.

Berbagi bareng FWD

Buka Bersama Secara Virtual dengan FWD

Meski jarak tak lagi dekat namun kuota masih dapat menyatukan yang jauh #eciyeee… kali ini aku beserta 80 peserta lainnya ikut berkesempatan buka bersama secara virtual bersama Ibu Maika Randini (Chief Marketing Officer FWD Life), Gita Bhebhita dan Chef Putri Miranti.

Disini ibu Maika menjelaskan sedikit mengenai FWD Life #berbagaibarengFWD semoga dapat menghadirkan inspirasi dan seluruh biaya registrasi akan di donasikan kepada anak-anak SOS Children’s Villages Indonesia untuk melawan Covid-19. Bagi para donatur yang turut berbagai akan mendapatkan jersey keren #BerbagiBarengFWD di akhir kegiatan. Jersey-nya keren, aku sempat  lihat Gita dan Chef Putri pakai selagi acara berlangsung.

Selagi menunggu waktu berbuka sesi Tanya jawab bersama Gita dan Chef Putri juga menyenangkan, sayangnya signal yang saya punya sedikit bermasalah. Karena selain Buka Bersama Secara Virtual, selanjutnya akan ada #DirumahAjaBarengFWD Episode dua dengan tema olahraga selama pandemic, seru ya!

Jadi, pastikan signal dan kuota yang kamu miliki stabil ya! Agar tidak ketinggalan sedikitpun mengenai keseruan ini dan yuk ikuy berdonasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *