Belakangan ini untuk cemilan dirumah selalu saya sediakan yang manis-manis, maklum sehabis makan biasanya saya selalu mencari dessert seperti brownies, bolu, cake, roti, dessert box atau pudding. Mungkin yang dirumah mulai bosan dengan cemilan manis, jadilah saya mempunyai ide untuk bikin cemilan gurih.

Tidak sekedar gurih saja tapi sajian yang saya buat ini bisa untuk sarapan, makanan penutup atau selingan. Bahkan bukan Cuma orang dewasa aja yang suka, anak-anak juga menyukainya. Hidangan tersebut namanya Quiche Lorraine.

quiche lorraine gulanyagulali

Gurihnya Quiche Lorraine

Quiche, merupakan kue gurih makanan khas Perancis yang berasal dari Lorraine. Saat ini memang sudah cukup familiar bahkan beberapa coffee shop juga menjual kue tersebut sebagai hidangan peneman minuman favourite.

Hidangan pastry dengan isian custard gurih ini sudah jauh lebih dulu dikenal di Inggris, tepatnya pada awal abad ke-14. Quiche Lorraine berisikan adonan susu dengan potongan daging asap dan keju.

Pertama kali mencoba biasanya menebak bahwa Quiche tidak jauh berbeda dengan pie hanya saja dengan rasa yang dibuat dengan gurih. Sebelumnya saya juga sudah pernah mencoba Quiche Lorraine versi ekonomisnya, kulitnya menggunakan roti tawar bernama Egg Flahn.

Resep : Bikin Egg Flahn Yuk

Kali ini saya ingin membuatnya dengan kulit pie serta isian yang menyesuaikan isi kulkas, teman-teman yang ingin membuatnya bisa tidak berpatokan dengan resep ini ya. Kecuali untuk bahan custardnya, sedangkan isiannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

quiche-spinach-beef-recipe

Yuk Kita Mulai Buat Quiche Lorraine dengan Susu

Sebelumnya aku mau kasih tau beberapa subtitusi bahan yang digunakan serta penyesuaian dan modifikasi dari resep asli.

Butter: Jika teman-teman tidak mempunyai butter, tidak apa kok dengan menggunakan margarine atau mau full butter margarine (seperti merk Palmia Royal, Corman Patisy atau Bakers Mix dll) kemarin saya menggunakan butter corman AMF yang ternyata wanginya dan rasanya se-enak itu ya. Selama ini pakai gak pernah ngeh karena oven diluar dan saya jarang untuk bikin adonan pie atau kue kering.

Margarine: Tentunya kalau ini teman-teman sudah mengerti yaa, margarine bebas menggunakan merk apa saja, kemarin yang saya pakai merk blue band.

Cooking Cream : Pada setiap resep yang saya lihat untuk membuat Quiche Lorraine selalu ada Cooking Cream, tapi sayangnya dirumah sedang tidak punya untuk itu saya menggunakan full susu murni segar Hometown. Jika teman-teman punya cooking cream sebaiknya dipakai saja ya dengan perbandingan 1:1 pada resep, tentu sangat berpengaruh pada rasa karena akan menjadi lebih gurih dan creamy.

Susu : Kali ini aku pakai Susu Sapi Hometown Dairy yang merupakan susu sapi langsung diperah langsung dari ambing (puting) dan pasteurisasi. Rasa susunya enak, light dan gurih jadi cocok banget digunakan untuk membuat hidangan terutama sauce rasa susunya tidak bikin eneg soalnya.

susu hometown dairy

Isian: Teman-teman bisa menyesuaikan isi kulkas dirumah ya, umunya Quiche Lorraine itu berisikan salmon/beef, bayam dan keju namun kali ini aku isi dengan bayam (agar anak-anak juga bisa makan sayur juga), beef dan sosis.

Keju: Bisa gunakan keju cheddar, mozarella atau makin nikmat kalau gunakan juga parmesan cheese. Segala jenis keju yang dirumah bisa digunakan ya.

Loyang: Biasanya kalau buat Quiche Lorraine menggunakan loyang pie atau pinggan tahan panas ya. Buat teman-teman yang tidak ada loyang pie bisa menggunakan loyang bongkar pasang atau dengan wadah alumunium foil. Sekarang yuk mulai kita buat, berikut resepnya ya

resep quiche lorraine with milk

Beef Sausage Quiche
By. GulanyaGulali

Bahan Isi:
100 gr Beef
2 buah Sosis Sapi
1 Butir Telur Rebus, Potong 6 atau 4
2 Butir Telur, Kocok Lepas
50 gr Keju potong dadu (Bisa tambah sesuai selera)
1 Bawang Bombay, potong dadu
2 Siung Bawang Putih, cincang halus
1/2 sdt pala bubuk
secukupnya Kaldu Jamur (Bisa pakai kaldu sapi/ayam)
200 ml Susu Hometown Dairy
50 gr Cream Cheese (bisa skip atau ganti dengan keju parut)
30 gr Mozarella (bisa skip atau ganti cheddar)
2 Lembar Red Cheddar (bisa skip atau ganti cheddar)
Herbs, secukupnya untuk taburan

Bahan Crust/Pie:
200 gr Terigu Protein Sedang/Rendah
3 sdm Air Es
80 gr Butter
70 gr Margarine
1/2 sdm Gula Halus

Cara Membuat Pie Crust:
– Campur rata adonan crust dengan garpu atau sendok kayu kecuali air dingin sampai berbulir (disini butter dan margarin yang digunakan dalam keadaan dingin ya).
– Lalu tuang air dan aduk rata sampai adonan homogen, Bulatkan, tutup dengan plastik wrap dan simpan dalam kulkas sekitar 10 menit.
– Keluarkan dari kulkas lalu gilas adonan crust dan ratakan dalam loyang atau dengan cara ambil beberapa adonan dan mulai tekan-tekan pada loyang hingga merata. Jangan lupa untuk tusuk-tusuk permukaan pie crust dengan garpu dan panggang sekitar 15 menit, sisihkan.

pie crust gulanyagulali
Setelah di tusuk-tusuk garpu begini yuk kita oven, jangan sampai gosong ya!

Cara Membuat Isi:
– Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukkan daging dan sosis hingga berubah warna.
– Masukkan susu, cream cheese, pala bubuk, kaldu dan tes rasa.
– Setelah agak sedikit dingin baru masukkan campuran telur kocok dan keju dadu, aduk rata

quiche lorraine sebelum di oven resep
sebelum masuk oven

Penyelesaian:
– Masukkan bahan isian tadi lalu tata telur rebus diatasnya
– Beri Keju mozarella dan Red Cheddar diatasnya
– Oven selama 25 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing ya.
– Angkat dan sajikan selagi hangat dengan saus sambal

quiche lorraine with milk

Selepas keluar dari oven, Masya Allah wanginya enak banget jadi makin gak sabar untuk langsung mencicipnya deh.

Susu Hometown Dairy ini enak untuk campuran minum juga serta untuk campuran membuat kue loh. Karena susu ini tanpa bahan aditif (pengawet) jadi hanya bisa tahan sekitar 7 hari di kulkas dalam keadaan masih tersegel. Jika kemasan sudah dibukan hanya tahan maksimal 3 hari dan bisa kurang atau lebih lama tergantung penyimpanannya.

quiche resep susu hometown

Susu Hometown Dairy bisa teman-teman dapatkan di di Lulu Hypemart, Aeon, Ranch Market, Farmers Market, Lotte Mart, Kemchicks, Foodhall, Superindo, Jakarta Fruit Market, Duta Buah, Hero, Hypermart dan Rumah Buah. Secara online lewat Shopee (nama toko GGL official shop) dan Tokopedia (nama toko GGF Mart)

Selamat mencoba ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *