Lumayan juga judul kali ini panjang, biar kamu kepingin baca sampai habis.

Gw sama temen-temen kalo lagi bosen kerja, terus bingung mau ngapain kadang suka banget becanda dengan bilang “duh capek kerja tapi gini-gini aja, pengennya nikah aja”. Disini mungkin bukan gw doank, tapi ada banyak ribuan cewe-cewe diluar sana yang kepingin banget buru-buru nikah seolah itu ada solusi dari semua masalah. Tapi apalah artinya jikala nikah bukan menjadi solusi kalo kamu tetap gak bisa mengatur perencanaan keuangan sendiri. Iya gak. Karena ketika menikah sesungguhnya itu adalah lembaran hidup baru yang akan di mulai #cieelah.

 

Nikah Bukan Menjadi Solusi Kalo Kamu Tetap Gak Bisa Mengatur

Perencanaan Keuangan Sendiri

Kamu sering denger celoteh ini gak sih “Percuma lo kerja mulu tapi gak kaya-kaya” atau “Daripada kerja gak ada hasilnya mending di nafkahin aja”. Gengs pliss untuk stop dengan hal-hal seperti itu ya, walau kadang lelucon tersebut emang suka tersirat menjadi kode.

cara mengatur keuangan keluarga fundtastic 2

Kode betapa berantakannya keuangan sendiri karena tidak bisa ter-manage atau kode buat pasangan supaya bisa nikahin karena betapa kesepiannya diri ini huhuhu. Nah, agak ngenes kan yak lo gitu. Padahal kalo bisa mengatur perencanaan keuangan sendiri dengan baik, pastinya gak akan ngerengek minta segera di nafkahin. Mandiri dan bisa merencanakan masa depan yang lebih baik seperti sekolah kembali, jalan-jalan keliling dunia, umroh atau bangun rumah.

Karena ketika nikah masalah tidak akan putus dan selesai sampai disitu saja, hidup bukanlah cerita dongeng yang happy ending lalu selesai gak ada episode lanjutannya. Akan ada masalah-masalah baru yang akan kita hadapi salah satunya mengatur keuangan keluarga.

Beruntungnya dalam era yang serba digital kali ini, sudah ada aplikasi keuangan pertama di Indonesia yang dapat menunjang siapa saja untuk melakukan perencanaan keuangan secara mandiri, sehat dan baik yaitu Fundtastic. Ada yang sudah tau?

cara mengatur keuangan keluarga fundtastic 2

Buat yang sedang lelah akan lelahnya bekerja lalu minta di nafkahin aja, inget ya sist. Walau nikah itu di KUA itu terbilang murah dan gampang tapi aslinya kan gak segampang itu. Melibatkan kedua keluarga berbeda untuk menyatukan dua insan manusia berjanji di hadapan tuhan kan gak seenak beli eskrim di McD bayar terus tinggal makan.

Disamping restu, tentunya moment seumur hidup ini juga diawali dengan bayar catering, bayar tempat sewa nikah, bayar mas photographer, bayar make-up sama gaun nikah, bayar undangan, bayar souvenir dan bayar lainnya yang tak terduga.

Syukur-syukur kalo punya calon suami yang bisa memenuhi ekspektasi kamu dalam pernikahan impian atau kedua orang tua yang mau membiayai pernikahan anaknya. Jika bukan keduanya haruslah dari kerja keras sang calon mempelai.

Karena pernikahan sang istri akan bertindak sebagai menteri keuangan keluarga. Baik besarnya penghasilan suami ataupun digabung keduanya kalau tidak di kelola secara bijak bisa menjadi kebocoran terus menerus dan meninggalkan mimpi diluar sana. Punya rumah, pendidikan anak, umroh bersama, serta barang dan kebutuhan lainnya yang di inginkan. Bahkan jika sampai gegabah dalam mengambil langkah bisa terjadi terjerat hutang disana-disini. Gak mau kan kalo sampai kaya gitu.

Aplikasi catatan keuangan Fundtastic mengatur pengeluaran pribadi agar dapat sesuai dengan pos masing-masing, dengan target rencana keuangan setiap bulannya yang kamu buat sendiri. Seperti cara mengatur keuangan keluarga.

cara mengatur keuangan keluarga fundtastic 2

 

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Fundtastic

Fundtastic bisa dijadikan salah satu pilihan sebagai catatan digital kamu dalam mengatur keuangan yang dapat digunakan oleh siapa saja. Dengan Fundtastic untuk dapat merencanakan keuangan secara baik dapat dilakukan sendiri terlebih dahulu dengan adanya bantuan dompet pintar.

Penghasilan sebesar apapun kalau tidak di kelola dengan baik pasti ada saja kekurangannya. Untuk itu Sebelumnya kamu dapat download aplikasi Fundtastic di AppStore dan iOs, aplikasi ini tidak berbayar loh. Setelah login dengan menggunakan email atau akun media sosial selanjutnya kamu dapat mengisi data secara lengkap di profile dan setting pin pada fitur pengaturan di Ubah Pin, karena setiap kali keluar dari aplikasi atau melakukan input untuk update data akan selalu keluar permintaan untuk masukkan pin.

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

Sebelum mulai input kebutuhan pokok yang harus dikeluarkan setiap bulannya, akan lebih enak kalau mencoba untuk menyambungkan akun bank dengan aplikasi. Caranya kamu klik bagian akun bank pada aplikasi lalu pilih Bank BCA dan isi data, selanjutnya menunggu sinkronisasi sebentar dan data dari akun bank kamu akan tersinkronisasi pada aplikasi. Hanya saja sampai saat ini baru bank BCA yang dapat link ke aplikasi. Semoga kedepannya bisa semua bank dapat tersinkron ke aplikasi tersebut ya.

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

Semenjak menikah dan pindah ke Tangerang, aku memutuskan untuk resign kerja, jadilah saat ini aku menjadi freelance. Tentunya menjadi pekerja lepas tidaklah mendapatkan pendapatan secara rutin setiap bulan, meski kadang kangen juga sih di transfer tiap bulan hahaha.

Justru disitu tantangan untuk mengelola keuangan rumah tangga agar tujuan bersama dapat tercapai. Dalam hal ini aku akan memasukkan pendapatan serta pengeluaran untuk kebutuhan dua orang, karena saat ini kami baru tinggal berdua (aku dan suami). Pertama-tama masukkan terlebih dahulu pendapatan perbulan pada kolom dompet lalu klik Financial Checkup.

Sebagai contoh, setiap bulannya :
pendapatan yang aku miliki sekitar : 5.000.000
pendapatan tidak tetap setiap bulannya sekitar : 500.000
pendapatan tahunan (THR, Bonus dll) : 5.000.000

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

 

Sebelum mengetahui rekapitulasi keuangan yang kita punya, langkah kedua memasukkan pengeluaran rutin bulanan.

Sebagai contoh, setiap bulannya :
Makan dan minum : 40.000 x 30 : 1.200.000
Belanja Bulanan (meliputi deterjen, shampoo, kopi, gula dll) : 800.000
Jajan : 200.000
Listrik : 350.000
Wifi : 350.000
Pulsa Hp : 200.000
Bensin (motor) : 200.000
Keamanan dan Kebersihan : 150.000
Servis kendaraan (motor) : 150.000
Sewa kontrakkan : 1.250.000
Arisan Keluarga : 150.000
Kebutuhan Hewan Peliharaan : 150.000
Untuk Orang Tua : 300.000
Total : 5.450.000

Pada bagian pengeluaran bulanan di atas dapat kamu input sesuai kategori yang ada di Budget Perbulan.

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

 

Apalah artinya bekerja kalo tidak punya cicilan, karena terkadang itu yang membuat kita semakin semangat bekerja. Bukan begitu  sebenarnya kadang agak sedih gimana gitu, karena menyicil buatku seperti memaksakan diri yang belum mampu. Padahal bisa jadi itu menjadi pecutan untuk cari uang lebih giat lagi. Hueheheh..

Pada tab selanjutnya yaitu cicilan lainnya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebagai contoh aku punya cicilan asset untuk sebuah meja yang dibayarkan dengan kartu kredit. Disana ada beberapa macam pilihan untuk cicilan asset seperti KTA, KPR, Elektronik ataupun Kendaraan dll.

Cicilan Kartu Kredit : 200.000

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

 

Tab selanjutnya dana yang aku pos-kan setiap bulannya yaitu Asuransi, ada banyak asuransi yang terdapat di Indonesia, namun saat ini yang tetap menjadi pengeluaran yaitu BPJS Kesehatan

Asuransi (BPJS) : 80.000 x 2 : 160.000

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga

 

Ketika semua data sudah di isi barulah kita dapat melihat rekapitulasi pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya.

Pendapatan: 5.000.000
Pendapatan tidak tetap setiap bulannya : 500.000
Pendapatan tahunan (THR, Bonus dll) : 5.000.000

Total Pengeluaran bulanan : 5.450.000
Cicilan : 200.000
Asuransi : 160.000
Grand Total : 5.810.000

Kalau dilihat antara pendapatan dan budget pengeluaran akan menghasilkan nilai minus setiap bulannya, bahkan kalau dilihat kembali malah gak bisa nabung. Huhuhu.. Untuk itulah harus ada beberapa pengeluaran yang kembali di tinjau untuk membuat perubahan dengan kata lain lebih hemat hehehe.

fundtastic cara mengatur keuangan keluarga
Setelah melakukan pengaturan keuangan keluarga dalam setiap bulan dengan membuat table terkadang masih sering terlewat dari budget yang dibuat. Dengan adanya Fundtastic memudahkan siapa saja untuk segera mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Bahkan sudah terintegrasi dengan akun bank, yang dapat dengan mudah kita pecah kembali dan menempatkannya sesuai pos.

Ketika dalam memonitor keuangan perbulan telah dirasa ingin kembali mengetahui bagaimana cara mengakomodir kebutuhan dan mencapai target yang direncakanan, kita dapat melakukan konsultasi dengan Dokter Keuangan bersertifikat dari FUndtastic bisa dilakukan melalui chat, panggilan telephone atau video. Untuk waktu dapat melakukan perjanjian dengan menggunakan aplikasi pada tab konsultasi.

Selain itu ada bacaan yang menarik seputar mengatur keuangan, kamu bisa membacanya di tab tips dan artikel yang ada di aplikasi. Semoga itu membantu dan membuatmu tercerahkan soal memanage keuangan.

Jadi, buat wanita diluar sana yang lagi galau kepingin cepet di nikahin, sebaiknya coba untuk mengatur keuangan terlebih dahulu secara mandiri, agar pas nikah udah terlatih gak kaget. Kadang ketika single justru lebih banyak kalapnya loh :p

Semoga tulisan ini membantu ya…

cara mengatur keuangan keluarga fundtastic 2

 

Info lebih lanjut :
FUndtastic
Gedung Jaya
Jl.M.H. Thamrin No. 12
Kebon SIrih, Jakarta Pusat
www.fundtastic.co.id
telp : 021 3917163
instagram : @fundtastic.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *