Sebuah rumah makan dengan citarasa khas peranakan yang kaya akan rasa dengan design tempo dulu yang membawa kita kepada suasana yang nyaman layaknya dirumah. Berada di daerah Jakarta Pusat, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Kedai Sirih Merah mampu membawa kita bernostalgia dengan membawa pada kenangan yang lezat.

Terlihat dari luar, Kedai Sirih Merah dengan halaman parkir yang cukup luas dan jauh dari kebisingan terlihat seperti sebuah rumah kuno, tunggu sampai kalian masuk kedalamnya yang sangat luas. Setiap area mampu menawarkan tempat dengan suasana berbeda.

 

Kedai Sirih Merah Menyuguhkan Masakan Peranakan Yang Kaya Rasa

Lantunan lagu jaman dulu mampu membawa kita kembali menarik pada masanya. Namun, karena saya belum kenal betul dengan lagu tersebut tapi berasa sekali aura tempo doeloe-nya yang kental, disambangi dengan interior pada sekeliling restoran Kedai Sirih Merah.

Sebelum mulai berkeliling, saya mau menikmati dulu beberapa menu yang tersedia disini. Ada sekitar puluhan menu yang tersedia, bahkan beberapa sudah di tidak tersedia. Beragamnya menu yang tersedia mampu menarik pengunjung untuk penasaran dengan setiap sajiannya. Karena dijamin sekali mencicipi akan ketagihan untuk kembali menikmati olahan makanan lainnya.

 

Ikan Bakar Pecah Kulit

Salah satunya adalah Ikan Bakar Pecah Kulit yang merupakan salah satu sajian yang andalan di Kedai Sirih Merah. Ikan Bakar Pecah Kulit, dagingnya yang tebal dan tidak terlalu banyak tulang membuat saya puas memakan ikan pecah kulit yang diolah dengan bumbu parape. Konon ikan tersebut sangat sulit didapat pada bulan tertentu, tapi khusus di Kedai Sirih Merah pengunjung akan selalu bisa menikmati sajian ini setiap harinya. Dimakan bersama dengan sambal kecap saja membuat ikan bakar pecah kulit ini terasa nikmat.

Sapo Tahu Seafood

Sapo Tahu Seafood disini gurihnya beda banget, entah mengapa sajian disini benar-benar terasa kaya rasa bumbunya hingga meresap. Nikmati selagi hangat atau panas, niscaya satu porsi saja tidak cukup. Kamu mesti coba, yang ini salah satu favouriteku.

 

Ayam Serundeng

Salah satu rekomendasi lainnya adalah Ayam Serundeng. Ada banyak ayam serundeng yang dijual ditempat lain. Tapi, ayam yang satu ini memiliki bumbu berbeda yang nikmat. Salman, salah satu teman blogger penggemar berat ayam ini cukup tergila-gila dengan ayam serundeng kedai sirih merah.

 

Sop Buntut

Dagingnya lembut banget, kuahnya gurih dan segar. Disajikan dengan hot pot stainless yang akan terus menjaga sop untuk tetap hangat selalu. Jangan lupa untuk tambahkan jeruk nipis dan juga sambalnya, agar lebih menambah sensasi kelezatan yang haqiqi.. aseek. Serius yang ini juga rekomen untuk kamu coba.

 

Sate Kambing

Biasanya saya selalu menghindar untuk menikmati sajian berbahan dasar daging kambing. Entah mengapa bau prengusnya membuat nafsu makan saya hilang. Kecuali jika sate kambing atau olahan daging kambing tersebut tidak berbau sama sekali dan dagingnya tidak keras layaknya karet barulah saya mau untuk mencicipinya. Tapi, di Kedai Sirih Merah sajian sate kambing dengan saus kecapnya tidak sangat empuk dan jauh dari rasa “bau” prengusnya. Justru disitulah saya suka. Meskipun beberapa orang penggemar daging kambing merasa bahwa kenikmatan sate kambing adalah karena “bau” prengusnya tersebut. Well, yang ini enak..!

 

Tumis Jagung Peda & Pete

Sajian yang satu ini juga salah satu menu rekomendasi dan populer disini. Perpaduan jagung manis dengan ikan peda suir dan juga pete mampu membuat olahan sederhana ini menjadi nikmat dengan rasa manis, pedas dan gurih. Bahkan tanpa terasa, digado saja tanpa dengan nasi-pun sudah enak.

Teh Poci

 

Nasi Kebuli

Malam selanjutnya karena masih penasaran dengan sajian lainnya yang berada di Kedai Sirih Merah, saya kembali untuk menikmati menu lainnya. Salah satunya yaitu Nasi Kebuli. Disajikan dengan presentasi yang ciamik dan menggoda, Nasi Kebuli dengan rasa bumbu yang kuat dengan pelengkap lainnya.

 

Ayam Salad Mangga

Ayam yang dibalut dengan tepung lalu digoreng sampai crunchy pas disajikan dengan salad mangga. Gurih dan pedas asam memberikan warna di lidah biar makin segar. Tidak terlalu pedas dan asam kok, pokoknya bikin nagih. Bahkan di gado-in saja tanpa nasipun sudah enak. hehehe…

Terong Balado

Dessert dan Appetizer

Selain menu makanan ‘beratnya’ yang lezat, saya juga sempat menyoba appetizer dan juga dessert di Kedai Sirih Merah. Seperti Es Kacang Merah dan Es Sirih Merah yang rasanya asam, manis dan bikin segar. Dengan potongan buah mangga diatasnya serta perasan jeruk memang pas banget dipadukan biar mata makin melek. Ini favourite banget.

Es Sirih Merah
Es Kacang Merah

 

Es Durian

 

Untuk appetizernya kalian bisa mencoba Lumpia Goreng dan Tahu. Selain dua tersebut tentunya masih banyak lagi donk. Menu pembuka, menu utama hingga menu penutup tuntas sudah dilahap dengan nikmat. Enaknya yang kerja sekitaran Tanah Abang dan Thamrin, kalau makan siang bisa banget nih mampir selalu di Kedai Sirih Merah.

 

Design Jadul Yang Bikin Nostalgia

Gak nyangka kalau dari luar saya pikir tempatnya tidak terlalu luas, tapi kalau disambangi sampai dalam. Kedai Sirih Merah luas sekali dan punya empat VIP Room dengan suasana yang berbeda disetiap tempatnya, konon masing-masing warna dari ketiga tempat tersebut mempunyai arti tersendiri.

Seperti ruangan VIP Kedai Sirih Merah yang berwarna hijau yang berarti mewakili kesehatan, berwarna biru yaitu ketenangan, merah yang berarti kemakmuran dan kuning yang berarti kesuksesan.

Bagi yang ingin meeting atau ada perayaan keluarga dan perayaan lainnya, Kedai Sirih Merah memiliki dua tempat yang cukup besar dari ketiga ruangan tersebut. Setiap ruangan mempunyai tema dan juga design yang berbeda, beberapa pajangan ataupun pernak-perniknya dan juga lukisan yang terpampang tetap dengan menggunakan konsep tempo doeloe.

Masih terdapat juga loh sepeda onthel yang bisa kamu coba untuk photo-photo narsis. Tapi, buat saya setiap sudut yang berada di Kedai Sirih Merah semuanya instagramable. Bahkan tidak seperti tempat makan keluarga atau tempat makan indonesia lainnya, di Kedai Sirih Merah selalu memutar lagu klasik alias lagu jadul yang membuat kita para anak muda milenialis akan menghernyitkan dahi bahwa lagu tersebut adalah lagu yang suka didendangkan oleh ibu atau nenek kita. Ihiy…

Coba deh ajak keluarga untuk makan bersama saat weekend disini, dijamin pasti suka. Selain tempatnya yang memang nyaman seperti dirumah lalu masakan peranakannya yang kaya rasa. Tentunya suasana yang membawa pada tempo doeloe ini bisa membuat nostagia.

Selamat mencoba yaa…

 

Kedai Sirih Merah
Jl. Taman Kebon Sirih 1 No. 5,
Tanah Abang, Jakarta
Telp. 021 3911227
Instagram : @kedaisirihmerah

2 thoughts on “Kedai Sirih Merah Menyuguhkan Masakan Peranakan Yang Kaya Rasa”

  1. Pertama kali coba makanan peranakan itu pas msh tinggal di malaysia. Di sana ada banyak. Sejak itu suka banget ama kuliner peranakan gini.. Penasaran ama ikan pecah kulit. Suamiku pas meeting ama temen kantornya diajak makan di resto ini mba. Makanya dia cerita ikan pecah kulit enak. Mau ksana, tp ga jadi2 :p. Aku mikir nya bingung, ikan pecah kulit itu bntuknya gmn hahahaha.. Ternyata biasa juga yaa.. Berarti rasanya nih yg beda 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *