Selama dirumah aja malah jadi Makin Semangat Berkreasi Bersama Kelezatan Royco Baru Dengan Garam Beriodium #Bantutumbuhsesuai. Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional, ada kejutan menarik nih untuk para ibu dan bapak yang suka masak, karena Royco telah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Royco dengan Garam Beriodium.

Hadirnya produk ini menjawab kebutuhan para orang tua untuk menyajikan aneka hidangan lezat bernutrisi untuk perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi. Masalah yang selama ini justru gak pernah kita ketahui atau bahkan terabaikan bisa menjadi serius jika tidak ditangani lebih lanjut.

Senangnya kemarin pada tanggal 25 Januari 2021 saya menjadi salah satu Blogger yang berkesempatan untuk menyaksikan virtual launching produk terbaru Royco dengan Garam Beriodium yang di isi dengan para narasumber terbaik di bidangnya diantaranya:

  • Hernie Raharja, Director of Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia Tbk.
  • Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor
  • dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, Dokter Spesialis Gizi Klinik
  • Tantri Syalindri, penyanyi dan ibu dari dua anak

Bukan hanya itu saja Royco juga akan berbagai tentang kelanjutan program “Royco Nutrimenu” yang melibatkan kolaborasi dengan lebih banyak pihak untuk dampak yang lebih optimal dan demo masak dengan Royco oleh Chef Norman Ismail.

Bahaya Hidden Hunger

Era jaman serba teknologi seperti sekarang harusnya semakin banyak informasi yang kita terima, tentunya dari sumber yang valid, untuk itu terutama kita sebagai orang tua perlu memperkaya pengetahuan dan kreatifitas dalam memenuhi nutrisi untuk keluarga.

dr.diana royco

Seperti yang dikatakan oleh dr.Diana bahwa pengetahuan seputar iodium masih terbatas pada upaya pencegahan penyakit gondok saja. Padahal, dampak dari kekurangan iodium ini jika terabaikan akan menjadi masalah serius kedepannya dalam jangka panjang pada semua usia.

Prof. Dr. Ir. Dodik Briawan, MCN menyampaikan, “Negara kita masih memiliki beban hidden hunger yang besar, kondisi yang timbul akibat kekurangan zat gizi mikro seperti iodium, zat besi, vitamin A dan zink ini telah menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang berkepanjangan.”

Pada riset kesehatan dasar 2018 memperlihatkan 48,9 % ibu hamil menderita anemia, dan Riset Kesehatan Dasar 2013 melaporkan bahwa 14,9% anak usia sekolah berisiko kekurangan iodium.

Hidden Hunger atau kelaparan tersembunyi seringkali masih terabaikan, ini disebabkan meskipun makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, penderitanya tidak merasa kelaparan karena asupan gizi makronya sudah terpenuhi. Jika tidak segera mendapatkan perhatian akan berdampak pada kualitas sumber daya manusia dalam jangka panjang, baik secara fisik maupun psikis.

Diperkirakan sekitar 20 juta orang Indonesia menderita GAKI, yang mengakibatkan hilangnya IQ setara 140 juta. Maka dari itu pemenuhan kebutuhan iodium harus diperhatikan dari hulu ke hilir sejak 1.000 hari pertama kehidupan hingga ke tahapan usia selanjutnya.

Memenuhi Asupan Zat Mikro dengan Royco Iodium dan NutriMenu

Masalah hidden hunger ini masih bisa kita atasi bersama mulai dari pemenuhan kebutuhan asupan zat mikro dirumah. Seringkali bicara soal pemenuhan nutrisi dan gizi para ibu berpendapat soal kesulitan dan mahalnya untuk memenuhi itu semua.

Kali ini Royco melanjutlan program “Royco NutriMenu” yang merupakan rangkaian edukasi yang sudah dikembangkan sejak tahun 2019 dengan mengacu pada konsep “isi piringku” yang sesuai dengan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementrian Kesehatan RI.

dr.Diana memberikan beberapa tips seputar memenuhi kebutuhan asupan zat mikro diantaranya:

  • Pentingnya orangtua terutama ibu dalam mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar bahan pangan apa saja untuk memenuhi kebutuhan gizi.
  • Praktekan secara berulang konsep isi piringku.

Memahami kebutuhan ini, Royco berinovasi melalui rangkaian terbarunya terutama Royco Kaldu Ayam dan Sapi yang kini berkomitmen menggunakan garam beriodium, dibuat dengan daging sapi dan ayam berkualitas yang direbus lama dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Meskipun kualitasnya yang telah disempurnakan Royco tetap menjual dengan harga yang tetap sama untuk memenuhi kandungan nutrisi dari tiap hidangan dirumah salah satunya garam iodium untuk membantu membentuk hormone pertumbuhan, perkembangan kecerdasan, fisik dan mental.

Program Royco NutriMenu mengetengahkan panduan berisi menu lengkap yang lezat dan dapat digunakan setiap hari dengan menggunakan bahan makanan yang lebih bergizi, mudah didapat, praktis serta terjangkau dan bersumber dari bahan-bahan berkelanjutan berbasis nabati yang tergabung dalam “50 Pangan Masa Depan”.

virtual launch royco garam iodium

Hingga saat ini program sudah tersebarluaskan ke 80.000 anggota keluarga, 180.000 remaja pondok pesantren, serta menginspirasi 2 juta keluarga Indonesia secara online. Tahun ini program “Royco NutriMenu” akan dilanjutkan dengan menyasar lebih banyak masyarakat melalui digitalisasi program kerja sama dengan PKK, Ikatan Bidan Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan berbagai NGO lokal maupun global, salah satunya Thyroid Federation International (TFI), dan didukung oleh Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Agama RI.

Keren yah, semoga semakin banyak masyarakat Indonesia yang terbantukan dengan adanya Royco NutriMenu dan terbebas dari Hidden Hunger.

virtual launch royco garam iodium

Memasak Dengan Royco Garam Iodium

Biasanya ibu-ibu suka bingung gak sih untuk menyajikan menu dirumah, terkadang kok mentok dengan menu dan bahan yang itu-itu aja.

Bahkan Tantri kemarin berkomentar, “Sebagai seorang ibu, aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk saat menyiapkan menu hidangan sehari-hari Royco telah memberikan begitu banyak inspirasi sehingga aku bisa memasak menggunakan berbagai variasi bahan nabati yang bergizi sambil ikut berkontribusi terhadap lingkungan. Apalagi kini Royco telah menggunakan garam beriodium, sangat membantu aku dalam memastikan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara lebih optimal.”

royco ayam garam iodium

Ternyata berkah Royco NutriMenu sekarang udah gak perlu lagi bingung masak apa dan apakah nutrisi dan gizinya terpenuhi atau enggak. Karena ada banyak banget menu yang bisa langsung dipraktekkan dirumah seperti salah satunya menu masakan Nasi Kacang Hijau Dengan Ubi Merah dan Steam Ikan Kembung Daun Kelor.

Nah, kalau kemarin aku dirumah bikin Ayam Teriyaki dengan Pokcoy Saus Tiram dan Tahu Goreng. Bikinnya mudah banget dan tambah dengan Royco jadi makin sedap.

Ayam Teriyaki

Bahan:
200 gr Ayam Fillet
2 sdm kecap manis
2 sdm teriyaki
1 sdt minyak wijen
½ sdt Royco garam iodium
½ bawang bombay, iris
2 bawang putih, iris
Cabe keriting, secukupnya (bisa skip)

Cara Membuat:

  1. Setelah cuci bersih ayam lalu potong dadu lalu marinate dengan kecap manis, saus teriyaki dan minyak wijen selama 30 menit – 1 jam lalu masukkan kulkas
  2. Panaskan wajan dengan margarine/minyak lalu masukkan ayam yang sudah dimarinate sampai setengah matang lalu masukkan Royco, bawang bombay, bawang putih, cabe dan masak hingga matang lalukan tes rasa. Angkat dan sisihkan.
resep ayam teriyaki royco

Pokcoy Saus Tiram

Bahan:
6 bonggol pokcoy, buang ujungnya
5 siung bawang putih, iris/cacah alus
2 sdm kecap manis
½ sdt royco garam iodium
1 sdm saus tiram
Air dan maizena, secukupnya
(maizena bisa skip)

Cara Membuat:

  1. Setelah pokcoy dibersihkan lalu rebus jangan sampai terlalu matang, biar masih kriuk sedikit lalu taru di piring
  2. Goreng sebentar bawang putih hingga sedikit kecoklatan, angkat dan taruh diatas pokcoy yang sudah direbus tadi.
  3. Masukkan 1 sdm margarine lalu kecap manis, saus tiram, air secukupnya, royco lalu tes rasa dan masukkan campuran air dan maizena. Masak hingga cukup mengental dan siram diatas pokcoy.
  4. Sajikan
pokcoy royco iodium

Tahu Goreng

Bahan:
5 Tahu Putih, potong menjadi 4 bagian
1 siung bawang putih, iri
1 sdt royco
Air, secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong tahu putih lalu rendam dengan air yang dicampur dengan royco dan bawang putih selama 30 menit atau bisa lebih lama lagi
  2. Goreng hingga matang, sajikan.
resep tahu goreng royco

Gimana, gampang banget kan cara membuatnya, mengacu pada isi piringku dengan adanya protein hewani, nabati juga sayuran. Masih banyak resep mudah lainnya juga yang bisa dilihat di Royco NutriMenu, sepertinya selanjutnya aku mau buat yang berbahan daun kelor deh.

Semoga informasi ini juga bermanfaat untuk para orangtua, anak muda dan siapa saja agar dapat memberikan inspirasi untuk menjadikan kebiasaan baik dalam memasak dan mengkonsumsi makanan dirumah menjadi lebih variatif dan bernutrisi serta terbebas dari Hidden Hunger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *