Susu itu menjadi salah satu modal utama dalam masa pertumbuhan anak terutama pada 1000 hari pertama kehidupannya, betul gak nih moms? Karena masa itulah mulai terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Makanya gak heran kalau memenuhi kebutuhan nutrisi itu adalah salah satu Langkah untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif.

Sering banget donk moms dengar kalau susu itu baik untuk Kesehatan bahkan hingga kita dewasa. Lalu untuk anak-anak mulai banyak nih informasi yang mengenai susu diantaranya susu A2, susu A1, susu sapi, susu kambing dll.

Membanding-bandingkan manakah yang lebih baik untuk anak-anak. Tidak sedikit pula masih banyak yang belum ngeh mengenai apa sih susu A1, susu A2 itu. Apa iya lebih baik?

susu A2

Kenali susu A2 Lebih Dekat, Apakah Lebih Baik?

Sedari kecil orangtuaku selalu menyediakan susu setiap pagi sebelum berangkat sekolah. Tujuannya adalah sebagai salah satu cara untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan terutama protein dan kalsium.

Jadi, ibuku selalu bilang kalau susu itu baik untuk tulang. Apalagi saat masih dalam masa pertumbuhan nutrisi untuk tulang itu penting banget dan satu lagi biar gak gampang sakit. Kalau dijabarkan gak hanya kalsium saja tapi Umumnya diketahui kalau susu itu merupakan minuman padat nutrisi yang mengandung protein dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, fosfor, seng dan vitamin B.

susu cokelat susu A2

Padahal kalau boleh jujur aku tuh kurang suka susu karena rasanya. Aku gak bisa minum susu cokelat karena aku alergi cokelat dan gak ada pilihan lain selain rasa vanilla yang aromanya aja bikin eneg, jadi setiap minum aku selalu tahan napas.

Beruntungnya saat ini udah banyak banget varian rasa susu mulai dari strawberry, mocca, pisang dll. Hal itu membuat daya Tarik anak-anak jadi makin suka minum susu.

Walaupun semua susu terlihat sama namun memiliki kandungan protein yang berbeda-beda diantaranya protein susu terdapat dua jenis yaitu whey dan casein. Casein adalah kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 82% dari total kandungan protein dalam susu. Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein.

Beta-casein sendiri terdiri hinga 45% dari total casein dan dimana Beta-casein mempunyai beberapa varian yaitu A1 dan A2. Disinilah bermula yang kita ketahui dengan nama susu A2, Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 aman untuk sistem pencernaan.

“Pencernaan sehat juga merupakan Langkah tepat untuk pertumbuhan anak lebih baik”

Sejauh ini aku belum punya pengalaman jikalau susu menyebabkan pencernaan jadi kurang baik dan anakku sendiri saat ini masih Asi tanpa campuran. Tapi, ada beberapa pengalaman temen-temenku yang ternyata Ketika mengkonsumsi susu bisa mengakibatkan sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Hal ini justru kadang bikin kita sebagai orangtua malah jadi bingung adakah option lain yang dapat kita berikan kepada anak untuk memenuhi nutrsisinya.

Nah, susu A2 ini memang berbeda karena mudah diserap dan dicerna jadi akan sedikit menimbulkan masalah pencernaan. Nyatanya sembelit itu tidak hanya berpusat pada factor proteinnya tapi juga bisa didapat pada factor lainnya seperti jumlah cairan dalam tubuh, serat dan toilet training anak.

Selain masalah pencernaan yang sering ditemui adalah anak yang mempunyai alergi ringan terhadap susu sapi, secara garis besar alergi protein disebabkan oleh saluran cerna yang belum matang, sehingga anak tidak dapat mengkonsumsi susu sapi (dairy product) dan turunnya, namun sekitar 70% anak yang sudah mencapai usia 1 tahun sudah tidak alergi lagi, dan sekitar 90% akan hilang di usia 3 tahun ketika saluran cernanya sudah mulai matang.

susu sapi dan susu A2

Saat ini moms bisa mengecek susu mana yang merupakan Susu A2 dengan melihat pada label kemasan baik berupa susu bubuk, UHT ataupun yoghurt. Biasanya ijin penulisan label bahan susu dalam setiap negara itu berbeda, tetapi biasa ditulis beta-casein A2.

Meski anak saya belum mengkonsumsi susu selain Asi, penggunaan susu juga sudah saya perkenalkan sebagai salah satu bahan campuran MpAsi untuknya. Jadi, susu A2 ini tidak ada Batasan usia untuk dikonsumsi. Sebaiknya harus sesuai dengan kebutuhan dan usia anak serta ikuti saran penyajian yang tertera dalam kemasan.

Jadi, makin yakin untuk memberikan susu A2 kepada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *