Siapa sih yang ingin lagi liburan tapi mendadak jatuh sakit dan kondisi drop ditengah asiknya menjelajah tempat baru yang sudah lama di impikan. Pastinya gak mau donk, lagi gak liburan aja kalau dalam kondisi lelah dan drop dalam menjalani aktifitas pasti gak akan nyaman.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui pentingnya vaksinasi sebelum melakukan travelling, karena biasanya yang dipersiapkan seputar dana, akomodasi, itinerary, serta kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan. Sama aku juga demikian, tapi dengan datang ke acara ini jadi paham pentingnya vaksin flu sebelum travelling.

Pada hari Minggu tanggal 24 November 2019 bertempat di Paradigma Cafe saya dan teman-teman lainnya berekesempatan untuk hadir dalam acara Blogger Gathering World Flu Day yang di isi langsung oleh Dr.Suzy Maria SpPD.

Selengkapnya akan aku bahas ya…

Cegah Sakit Saat Liburan Dengan Vaksin

Saya ingat ketika saat pertama kali solo travelling ke Singapore – Malaysia, hari dimana saat negara kedua saya kunjungi yaitu Malaysia, sesampainya disana saya langsung disambut hujan.

Esok paginya kepala mulai kleyengan alias pusing, hidung meler dan tenggorokkan mulai sakit. Yap, sakit influenza akibat kehujanan cepat sekali menyerang. Berhubung pagi hari tersebut saya ingin mengunjungi Batu Caves, sebelum naik transportasi umum saya sempatkan terlebih dahulu mengunjungi Convenience Store untuk membeli obat flu dan minuman vitamin C, berharap akan segera sembuh.

Pencegahan lainnya yang dapat kita lakukan saat flu dan tidak gampang menularkannya kepada yang lain yaitu :

  • Menutup hidung serta mulut saat batuk atau bersin.
  • Buang segera tissue yang telah dipakai ke tempat sampah
  • Cuci tangan dengan sabun selama 40 detik pada air mengalir
  • Gunakan masker selama berpergian.

Penyakit influenza ini emang seringkali kita anggap remeh dan gampang dicari solusi pengobatannya dengan istirahat serta meminum obat warung. Ya…emang gak salah sih dengan pernyataan tersebut.

Biasanya sakit saat liburan terjadi karena padatnya itinerary yang melelahkan, terlalu mengejar deadline sebelum akhirnya masa liburan tiba, kondisi badan yang sedang drop serta bertemu dengan banyak orang yang beresiko meningkatnya penularan penyakit.

Virus influenza dapat bertahan di permukaan hingga 48 jam dan dapat menularkan seseorang bila memegang permukaan tersebut. Wah mesti hati-hati juga nih, apalagi kalau dalam keadaan kondisi imun di tubuh kita menurun, cepet sekali tertular virus.

Seseorang yang terkena influenza bisa saja menginfeksi orang lain 1 hari sebelum gejala muncul hingga 5-7 hari setelah benar-benar sakit. Kalau begini bukan hanya kita saja sih yang rugi tapi juga banyak orang.

Penyebaran Virus Flu

Dikenal dengan nama Flu Skies yaitu resirkulasi udara di dalam pesawat yang menyebabkan virus flu mudah menyebar di dalam pesawat. Bahkan pramugarai / pramugara yang terinfeksi flu akan menularkan flu 4.6x di setiap penerbangan.

Bahkan penumpang pesawat yang duduk bersebelahan atau duduk di depan / di belakang dengan penderita flu juga dapat beresiko tertular flu hingga 80%.

Tidak hanya dalam pesawat saja saat sedang melakukan perjalanan menggunakan Kapal Cruise serta mengunjungi negara saat musim dingin juga dapat beresiko terjadinya influenza, dikarenakan kelembapan udara yang kurang dibandingkan diluar ruangan virus flu dapat bertahan lebih lama.

Vaksin Flu Sebelum Travelling

Banyak sekali yang mengabaikan pentingnya vaksin flu sebelum travelling. Selain untuk mencegah terjadinya terkena virus, ada beberapa negara yang mengharuskan untuk para traveller melakukan vaksinasi dikarenakan kondisi negaranya tersebut seperti India dll.

Keuntungan melakukan vaksinasi flu:

  • Membantu mencegah terkena flu
  • Membuat anda tidak menularkan flu kepada orang lain
  • Membuat flu lebih ringan jika terkena penyakit flu
  • Mencegah komplikasi seperti pneumonia

Jika kamu berencana untuk melakukan vaksinasi flu, kesediaan vaksin flu di indonesia itu 3/4 strip virus. Alangkah lebih baiknya jika kamu menggunakannya secara lengkap yaitu 4 strip.

Sebaiknya ini juga dikonsultasikan kepada dokter yang akan vaksin kamu tersebut, termasuk negara tujuan kamu. Sedangkan masa berlaku vaksinasi flu ini selama setahun, jika dalam jangka waktu setahun kamu berpergian mengunjungi 2 negara sekaligus dalam jarak yang tidak berdekatan maka tidak perlu melakukan vaksinasi dan sebaliknya jika tahun selajutnya kamu baru melakukan perjalanan sebaiknya melakukan vanksinasi ulang.

Usahakan untuk melakukan vaksinasi paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan kamu ya.

Vaksinasi influenza direkomendasikan untuk semua orang (usia lebih dari 6 bulan):

  • Untuk usia lebih dari 50 tahun
  • Memiliki penyakit kronik (termasuk asma)
  • Wanita hamil
  • Tinggal dengan orang resiko tinggi terkena virus

Kalau begini seharusnya liburan semakin nyaman dan bebas drop karena sudah melakukan vaksin flu. Buat kamu yang dalam waktu terdekat atau rencana ingin berpergian yuk vaksinasi flu. Informasi selengkapnya kamu dapat lihat instagram @kenapaharusvaksin

Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

31 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *