Selain lontong sayur dan nasi padang, Pasta merupakan salah satu makanan favourite saya. Di olah dengan berbagai macam bumbu-bumbu pilihan, baik tradisional, modern khas barat atau Indonesia tetap pesonanya tak pernah berubah di lidah.

Olahan pasta yang terkenal dan mudah sekali dibuatnya (hingga saya bosan) mentok pada saus Bolognese dan aglio olio.

Mengapa?

Karena sudah banyak dijual saus siap saji. Yang dibutuhkan oleh kita selain bahan-bahan adalah niat. Meski hanya di oseng-oseng sebentar.

Walau mengaku suka sekali masak. Memasak pasta merupakan salah satu pilihan menyenangkan dari sekian pilihan. Karena gampang, gak ribet dan sehat. Kalau hidup udah ribet gak usah dibuat rumit untuk urusan perut. Hah.!

Selayaknya nasi sebagai makanan pokok warga Negara Indonesia, Pasta juga merupakan makanan pokok bagi warga Negara Italia. Mungkin orang Italia bakalan ngerasa pusing dan gak syaah “makan” kali yaa.. kalau hari-harinya belum kena pasta.

masak bareng san remo

 

Sekilas Sejarah Tentang Pasta San Remo

Mengapa pasta bisa menjadi makanan pokok orang Italia? Jawabannya ada disini.

Saat perang dunia pertama pasta menjadi salah satu pilihan makanan untuk dikonsumsi dikarenakan kemudahan cara memasaknya dan memakan waktu dalam mengolahnya. Selain nasi, bubur, kentang, ubi dan roti, Pasta dipilih karena tidak mudah berubah menjadi glukosa sehingga tidak menaikkan gula darah dalam tubuh secara signifikan. Pasta memiliki banyak kandungan gizi dan baik untuk kesehatan.

Pada tahun 1963, Luigi Crotti membangun usaha pasta dari rumahnya bernama San Remo. Sebuah nama yang diambil dari nama kota kelahirannya, Italia. Perkembangan San Remo semakin pesat dan banyak orang yang mulai mengikuti teknik memasaknya. Hanya saja kualitas bahan baku gandum dari segi rasa dan kandungan gizi terbilang masih kurang.

Setelah berkelana ke beberapa Negara untuk mencari bahan baku utama pasta dengan kualitas terbaik. Akhirnya Luigi menemukan satu Negara dengan kualitas gandum terbaik yaitu di Australia Selatan. Produksi pasta kemudian dipindahkan ke Australia. Selain itu Australia memiliki suhu dan temperature yang sesuai.

San Remo kini memiliki kantor dan pusat distribusi di semua kota-kota utama di seluruh Australia dan Selandia Baru, dan ekspor ke-35 Negara di seluruh dunia salah satunya Indonesia.

salmon fettuccine with creamy rocket sauce

 

San Remo Salah Satu Pasta dengan Kualitas Terbaik

Pasta dengan kualitas terbaik itu memiliki banyak kandungan durum wheat. Semakin banyak maka semakin bagus dan juga sedikit mahal. Dikarenakan pasta dengan bahan 100 persen durum wheat mengandung asam amino, serat yang lebih banyak.

Pasta San Remo dihasilkan dari tepung gandum dengan jenis semolina serta tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Menggunakan tepung durum wheat dari biji gandum yang menguning di ladangnya langsung tanpa bantuan alat atau bahan buatan. Diolah dengan menggabungkan metode traditional Italia dan tekhnologi modern menghasilkan gandum kualitas terbaik.

Tepung semolina dapat membuat kita menjadi kenyang lebih lama dikarenakan memiliki proses cerna yang lamban diperut. Serta berkhasiat meningkatkan fungsi ginjal, kekebalan tubuh, memberikan energi dan menyehatkan tulang dan sistem saraf. Bagi orang dengan intoleransi gluten, sebaiknya menghindari gluten. Akan tetapi pada tahun 2013, San Remo telah memproduksi pasta bebas gluten, sehingga dapat menikmati pasta tanpa harus khawatir.

 

steak san remo pasta
Sedang Mengolah Daging Untuk Resep Thai Beef Small Shell Salad

 

Macam-Macam Pasta San Remo

Yang saya ketahui pasta hanyalah berbentuk persegi panjang (untuk lasagna) dan berbentuk seperti mie namun tidak keriting. Lebih ke-arah makanan lidi-lidia ala jajanan tahun era 90-an.

Nah, ternyata ada banyak sekali macam-macam pasta yang dimiliki San Remo, Sekitar 20 pasta. Sedangkan jenis pasta sendiri ada dua yaitu long pasta dan short pasta. Cara mengolah pasta juga berbeda, baik direbus terlebih dahulu atau langsung dimasak.

Bolognese saus San Remo

Long Pasta yaitu pasta yang berbentuk panjang (seperti namanya) diantaranya adalah Spagethi, Linguine, Fettucine, Angel Hair, Spinach Fettucine, dan Vermicelli.

Sedangkan Short Pasta mempunyai bentuk yang cukup unik dan beragam. Bentuk tersebut tentunya juga mempunyai alasan. Sebagai contoh pasta Cannelloni, pasta yang berbentuk seperti tabung, agar pasta tersebut dapat menyimpan saus, tidak cepat masak serta gampang hangus. Tipe pasta ini cocok dimasak dengan dipanggang.

Short Pasta diantaranya Spirals, Penne, Small Shells, Macaroni, Elbows, Vegeroni Pasta Shapes, Vegeroni Spirals, Rigatoni dan Bowties.

Lasagna San Remo

 

Masak Bareng San Remo

Bertempat di Kitchen Laboratorium San Remo, PT. Sukanda Djaya (Distributor San Remo Indonesia) yang terletak di daerah Cikarang. Saya beserta teman-teman blogger lainnya sudah siap Masak Bareng San Remo. Kali ini Chef Joshua yang akan mulai membagikan tips, trick serta resep dan cara pengolahan yang benar seputar masakan berbahan dasar pasta.

Mulai dari sejarah mengenai San Remo hingga berbagai macam pasta yang ada, Chef Joshua dengan ramah menjawab serta memberikan berbagai macam pengetahuan. Kali ini kami semua akan menyaksikan demo cooking dengan tiga resep ciamik yaitu Thai Beef Small Shell Salad, Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce dan Curly Lasagna Pesto Seafood.

masak bareng san remo

 

Tips Mengolah Pasta

Mengetahui pasta yang berkualitas baik atau tidak bisa terlihat ketika kita hendak memasaknya. Ternyata pasta dengan kualitas baik yaitu pasta yang menempel ketika dimasak. Nah loh, meski saya mengakui ketika melihat pasta menempel itu terlihat risih sekali.

Mengapa menempel? Karena pasta tersebut sudah pasti banyak mengandung asam amino, sedangkan yang tidak menempel, hmmm…bisa jadi pasta tersebut dibuat bukan dengan tepung gandum melainkan tepung terigu.

Sedangkan untuk merebus pasta ada baiknya dengan perbandingan 1:10. Jika pasta yang akan dimasak 500 gram maka air yang akan dipakai sekitar 5 liter. Lalu diberi garam secukupnya (kadar asin dibawah air laut). Fungsi garam disini selain menambahkan citarasa yaitu agar pasta tersebut satu sama lain tidak menempel.

masak bareng san remo - lasagna seafood

Selain garam, kamu juga pasti menambahkan minyak kedalam rebusan air ketika memasak pasta. Hal tersebut kurang tepat. Ada baiknya ketika pasta yang telah matang dan akan diolah pada esok harinya. Diperbolehkan untuk menuangkan minyak (olive oil) kedalamnya dengan takaran secukupnya saja. Gunanya, agar pasta tersebut tidak menempel satu sama lain ketika disimpan. Tentunya pasta tersebut sudah pada suhu ruang ya.

Ada banyak versi untuk mengetahui pasta yang sudah matang yaitu dengan melemparkan ke dinding, apabila dia menempel maka pasta tersebut sudah matang. Eits..hal ini tidak disarankan yaa, selain kotor dan juga bikin dapur jorok nanti hehehe..

Disini Chef Joshua memeragakan cara enak untuk mengetahui pasta yang sudah matang yaitu dengan menggulungkan pasta tersebut di garpu. Apabila pasta menggulung sempurna maka, pasta sudah matang.

Al dente
Biasanya itulah sebutan yang kerap kali diucapkan ketika pasta masak dengan sempurna. Padahal, arti kata Al dente adalah kekenyangan. Sebutan Al Dente, merupakan term yang biasa digunakan oleh para chef untuk memasak pasta dalam keadaan matang 70%. Ibarat nasi yaitu pera.

pasta san remo

 

Resep Pasta San Remo

Bagian yang paling ditunggu adalah Food Tasting, yeayy..!
Dari ketiga resep yang dibuat favourite gw adalah Thai Beef Small Shell Salad, campuran sayuran segar dan saus yang memiliki rasa pedas, asam dan segar memberikan sensai nikmat disetiap suapan. Sumpah..yang ini favourite banget. Resep pasta yang dibuat dengan mudah dan enak.

Resep Thai Beef Small Shell Salad
Resep Thai Beef Small Shell Salad

 

masak bareng san remo
Salmon Fettuccine with Creamy Rocket Sauce

 

Curly Lasagna Pesto Seafood
Curly Lasagna Pesto Seafood

Selanjutnya yaitu Salmon Fettucine with Creamy Rocket Sauce, awal mulanya dibuat dengan teknik pasta aglio olio yang kemudian ditambahkan cream kedalamnya. Ikan salmonya, crunchy diluar dan lembut didalam. Sedangkan pasta dengan creamy saucenya juga gurih-gurih nikmat serta gak bikin enek. Aarrgghh.. thank you Chef, pengen buat lagi dirumah pokoknya.

Untuk lasagna, kurang cocok dilidahku karena aku sendiri kurang begitu suka dengan olahan seafood hehehe..

masak bareng san remo - salmon fettucine

 

Pasta Cooking Competition

Setelah mendapatkan curahan ilmu seputar pasta serta demo cooking, kami semua diberi dibagi menjadi 5 grup dari 10 orang. Saya dan Aprie berada dalam satu grup yang kami beri nama “Penne”.

Pasta Fettuccine dengan rasa creamy pedas, ditambah dengan potongan paprika lalu udang serta cumi. Meski terdapat banyak potongan cabai rawit namun rasanya bikin penasaran loh. Pedas-pedas geregetan gitu.

Tapi, sayangnya kami berdua tidak lolos menjadi pemenang. Namun, tak mengapa. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk membuat kreasi pasta lainnya.

Pasta oriental spicy san remo

 

Memasak Pasta itu Mudah dan Enak

Walau jauh hingga ke Cikarang dan pulang dengan membawa banyak cemilan serta pasta. Memasak bareng San Remo bersama dengan teman-teman kali ini sungguh menyenangkan. Tidak hanya mengeratkan silaturahmi sesame blogger tetapi juga mengantongi segudang cerita, pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat sekali.

Memasak pasta itu mudah dan enak. Bahkan Chef Joshua pernah terlibat dalam event dengan tema Indonesia Makan Yuk. Dimana semua olahan masakan Indonesia dipadukan dengan pasta. Seperti pasta rendang dll.

masak bareng san remo - thai beef salad

Walau terdengar sedikit aneh, namun animo pengunjung yang hadir cukup besar. Ternyata pasta juga bisa dipadukan dengan masakan Indonesia dan cocok sebagai pendamping lauk Indonesian food seperti halnya nasi.

Selepas dari Masak Bareng San Remo, membuat saya terinspirasi untuk membuat olahan pasta lainnya. Terutama remake ketiga resep tersebut.

 

tonton keseruan lewat video ini yaa 🙂

3 thoughts on “Masak Bareng San Remo Hingga Tips Mengolah Pasta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *