Salah satu hal yang bikin saya gak suka memasak adalah keribetannya mengolah bumbu-bumbu. Tapi, setelah menikah malah mau gak mau harus masak setiap hari. Alasannya sih gampang biar terus di sayang suami dan gak melulu jajan diluar. Lagipula memasak sendiri terjamin kebersihannya. Dan saya baru tau kalo masak dengan menggunakan bumbu dasar jadi makin membuat mudah dan menghemat waktu memasak. Nah, kali ini saya akan share cara gampang membuat bumbu dasar merah halus dengan menggunakan TURBO.

daging balado

 

 

Bumbu Dasar Merah

Bumbu dasar sendiri sebenarnya ada 3 yaitu bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning dan bumbu dasar putih. Ada banyak resep pencampuran untuk membuat ketiga bumbu dasar tersebut dan dengan bumbu dasar merah kamu bisa membuat berbagai masakan seperti nasi atau mie goreng, balado ayam atau daging atau seafood, kerang tumis pedas, ayam rica-rica, cah kangkung, sayur asam, sambal goreng hati, kering kentang pedas, botok oncom atau tahu. Dan jika bumbu dasar merah ditambahkan santan dapat membuat masakan sayur godog, kalio daging, rendang dan masih banyak lagi.

Sebenarnya bisa aja sih gak perlu repot-repot untuk membuat bumbu dasar sendiri, karena ada banyak sekali bumbu dasar yang diperjual belikan di pasar. Beberapa kali aku beli bumbu dasar hasil racik sang penjual untuk masak ayam goreng, entah kenapa rasanya agak kurang sreg dan fresh. Setelah memutuskan untuk membuatnya sendiri, oh kini kutau… beneran lebih enak buat sendiri meski harus repot di awal.

Sekarang yuk kita buat, resep ini saya dapatkan dari tabloid Nova.

Bumbu Dasar Merah Halus

Bahan :

10 buah cabe keriting
5 butir kemiri
9 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt biji lada
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt terasi
4 sdt minyak goreng

Semua bahan di haluskan menjadi satu dengan menggunakan blender.

blender turbo gulanyagulali 2

Menariknya disini aku akan membuat eksperiment mengenai proses pembuatan bumbu dasar merah dengan menggunakan dua blender yang berbeda dan bahan yang sama. Setelah beberapa menit mulai dijalankan semula keduanya tampak baik-baik saja, bahan-bahan yang ada di dalam jar mulai berputar dan terlumat dengan baik.

Sebelumnya mari kita sebut T = Blender Turbo dan A = Blender merk lain atau blender lama.

blender turbo gulanyagulali 1

 

 

Blender Turbo vs Blender A, mana yang lebih halus?

Blender Turbo memiliki 5 tingkat kecepatan dimana masing-masing kecepatan memiliki kecepatan khusus yang digunakan untuk berbagai bahan semisal pada kecepatan nomor 5 (paling tinggi) bisa menghaluskan es batu dengan mudah dan cepat selain itu pada sekeliling tombol pemutar terdapat lampu led, membuat Blender Turbo semakin bergaya dan modern.

blender turbo 4

Kedua blender tersebut berbahan plastik dan food grade jadi aman untuk pemakaian karena tidak meninggalkan bau maupun bekas.

blender turbo 3

Pada Blender A hanya terdapat 3 tombol yaitu tombol pulse, high dan low. Pertama kali aku tekan tombol low untuk melihat agar bumbu dapat terlumat dengan baik, tapi pada dua putaran mesin mulai terhenti dan secara manual menekan kembali tombol dan bahan kembali dilumatikan. Menurutku sih ini agak sedikit ribet ya, karena kita harus selalu memantau dan tidak bisa ditinggalkan untuk mengerjakan yang lain.

Meski perputaran dari Blender Turbo sedikit lebih lama dibandingkan dengan Blender A namun pada hasilnya akhirnya, Bumbu Merah dengan menggunakan Blender Turbo lebih halus dibandingkan dengan menggunakan Blender A.

Mengapa demikian?
Blender Turbo memiliki dua mata pisau yang dimana jarak mata pisau dengan dasarnya itu dekat sekali, hampir menempel, itu sebabnya biji ketumbar dapat halus sedemikian rupa. Sedangkan Blender A memiliki 4 mata pisau, akan tetapi jarak mata pisau dengan dasarnya memiliki rongga yang memungkinkan bumbu kecil seperti ketumbar dan biji lada dapat terlewati dan tidak terlumat dengan baik.

blender turbo 1

Meski sedikit lama dalam prosesnya namun Blender Turbo tidak mudah panas loh, karena terbuat 100% dari termbaga. Kalau ingin membuat bumbu merah dengan cabai yang masih mempunyai tekstur ada baiknya untuk mencoba dengan menggunakan 5 mata pisau.

blender turbo 2

Selain jar kecil atau dry mill-nya blender TURBO juga memiliki jar plastik besar yang berkapasitas 2 liter dengan daya 350 watt. Selain itu memiliki 5 mata pisau yang 2x lebih tajam dan bergerigi sehingga mampu menghancurkan atau menghaluskan es batu. Dilengkapi juga dengan safety lock, jadi aman ketika disekitar blender ada anak atau salah ketika memasukkan jar kedalam motor.

blender turbo 5

Selain modelnya yang modern, Blender Turbo memiliki 6 varian warna yaitu ungu, hijau, orange, putih, merah dan hitam. Serta memiliki garansi hingga 3 tahun dengan suku cadang asli. Menurutku sih yaa, Blender Turbo mesti ada dirumah, untuk membantu setiap kebutuhan rumah tangga, sama seperti dengan bumbu dasar. Keduanya membuat pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *