Apa yang pertama kali terlintas ketika mendengar kata “Papua”. Kalau aku sih justru keindahan alamnya seperti Raja Ampat, Koteka serta Papeda. Provinsi Papua masih dalam wish list saya untuk dapat dikunjungi, meski entah kapan. Tapi, ada rasa excited yang membuncah ketika tau dapat undangan untuk mencicipi kuliner Papua, kali ini tidak perlu jauh-jauh untuk pergi kesana saya sudah bisa menikmati kuliner khas Indonesia Timur, Papua di Papoea by Nature di daerah Kebayoran Baru. Ternyata bukan hanya papeda saja, masih banyak sajian kuliner papua dengan citarasa yang unik, penasaran. Simak terus ulasan saya ya.

papoea by nature kuliner papua 19

 

Menikmati Kuliner Khas Indonesia Timur, Papua di Papoea by Nature

Indonesia yang begitu kaya akan Bahasa, Budaya serta Kulinernya tentu tidak akan habis dan akan terus menarik untuk di ulas. Papoea by Nature yang terletak di Jl. Pakubuwono VI No.77, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berhasil membawa warna kuliner Indonesia di tengah daerah Jakarta. Karena akan sangat membuat para penikmat kuliner untuk dapat mencicipi langsung tanpa harus berpergian ke daerah asalnya.

Tempatnya cukup luas, berdisain simple modern. Namun tetap tidak meninggalkan sisi khas Papua. Kamu akan bisa melihat begitu banyak pajangan, ukiran serta patung yang menandakan “Papua”, Seperti noken yaitu tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu serta juga ada Koteka yaitu pakaian untuk menutup kemaluan laki-laki yang terbuat dari kulit labu air. Eitss, jangan dicobain yaa, kalau mau kayaknya kamu mesti membelinya deh hehehe.

papoea by nature kuliner papua 20

Seperti berada di rumah, Papoea by Nature memberikan kesan nyaman, aman dan tenang ditambah dengan berbagai hidangan yang membuat kamu menebak-nebak rasanya. Mba Amelia selaku Owner dari Papoea by Nature sangat antusias untuk memperkenalkan kuliner Papua lebih luas lagi. Dikarenakan terinspirasi dari Bapak Charles Toto yang mendapati julukan “The Jungle Chef”, beliau dikenal konsisten memperkenalkan makanan asli papua ke semua orang. Memasaknya dengan cara tradisional dan memakan bahan-bahan lokal Papua.

Papua dikenal dengan memakai bahan sagu yang digunakan sebagai pengganti nasi, karena orang papua gak makan nasi. Makanya mba Amelia yakin kalau makanan Papua ini sehat dan halal. Bahkan ada juga makanan yang dibuat dari buah merah. Buah merah yang sebenarnya dari keluarga pandan, yang secara turun temurun bisa digunakan untuk obat.

Bagi yang mempertanyakan tentang kehalalan kuliner papua di Papoea by Nature, Alhamdulillah disini halal. Lalu ada menu apa saja ya di Papoea by Nature.

papoea by nature kuliner papua 13

 

Menu Makanan Khas Papua di Papoea by Nature

Sebelum mulai mencicipi, sudah tersaji berbagai macam makanan khas papua di meja, warna serta cara plattingnya cantik-cantik sampai terus bertanya, ternyata makanan papua belum juga dinikmati sudah memanjakan mata.

 

Beef Chimichurri, Rp. 159.000,-

Terdiri dari daging sirloin yang dimasak medium well lalu di-iris memanjang lalu diberi saus chimichuri dengan tambahan khas papua, disajikan dengan potato gratine dan brussel sprout. Rasa sausnya segar dan nikmat ditambah dagingnya yang lembut, menu yang satu ini favourite saya banget.

papoea by nature kuliner papua 16

papoea by nature kuliner papua 18

 

Fried Rice (Manado Roa Fish) Rp. 62.000,-

Meski sudah dibilang bahwa orang Papua tidak suka makan nasi, tapi disini terdapat sajian dengan nasi dan memiliki citarasa khas Papua yaitu Nasi goreng. Kamu bisa memilih pilihan Nasi Goreng di Papoea by Nature yaitu ayam, jamur dan ikan roa. Yang kemarin aku cicipi itu Fried Rice Roa Fish, rasa ikan roanya begitu kental dan menambah rasa gurih, enak banget. Disajikan bersama dengan keripik ubi ungu, telur dan sayuran.

papoea by nature kuliner papua 21

 

Jungle Roast Chicken, Rp. 125.000,-

Merupakan salah satu menu andalan di Papoea by Nature terdiri dari ayam yang rendam dengan berbagai bumbu rempah lalu disajikan dengan Bete alias talas yang dibuat bertekstur seperti mashed potato lengkap dengan sayuran dan orange sweet chili sauce.

Akan ada berbagai menu disini yang menggunakan talas sebagai bahan bakunya, pertama mencoba sedikit aneh namun lama-kelamaan rasa aneh dan unik itu bikin nagih. Buat lidahnya yang sangat menyukai gurih, ayamnya sedikit light meskipun terlihat berlumpur bumbu rempah. Masih enak dan sehat kok.

papoea by nature kuliner papua 22

 

Fish in Banana Leaf, Rp. 169.000,- 

Terlihat dibuat dengan cara di pepes, ikan yang digunakan yaitu ikan baramundi. Disajikan bersama dengan nasi merah, dan spicy green chili sauce sebagai pelengkap.

papoea by nature kuliner papua 10

 

Papeda and Yellow Fish Soup, Rp. 89.000,-

Nah, hidangna yang satu ini khas banget Papua dan sudah banyak dikenal orang banyak. Dibuat dari sagu dan dinikmati bersama dengan sup ikan kuning yang menggunakan ikan makarel. Sup-nya terasa gurih dan nendang, meski tanpa tambahan bumbu penyedap seperti MSG. cara menikmatinya-pun sungguh unik seperti digulung terlebih dahulu atau dipotong kemudian langsung diseruput, semoga kamu mengerti bahasa cara memakannya yah, hehehe kalau belum juga, kayaknya mesti cobain langsung disini.

 

Rainforest Rolls, Rp. 79.000,-

Sekilas nampak seperti finger food Vietnam, spring rolls yang dibungkus dengan rice paper berisikan udah serta sayuran. Tapi, untuk Rainforest Rolls ala Papua dibungkus dengan rice paper berisikan mix herbs, mix salad leaves, alpukat, labu kuning, pomelo dan edible flower. Lengkap disajikan dengan orange sweet chili sauce.

papoea by nature kuliner papua 8

 

Smoked Tuna Pasta in Seafood Buah Merah

Sepertinya yang ini belum masuk buku menu, mungkin ini salah satu menu baru yang ada di Papoea by Nature. yaitu pasta yang disajikan dengan ikan tuna serta saus dari buah merah. Ternyata buah merah cocok dimasak dengan berbagai macam cara ya. Hmm penasaran, cobain langsung kesini yah.

papoea by nature kuliner papua 11

 

 

Fried Sagoo with Red Curry Soup, Rp. 99.000,-

Berbahan dasar seperti papeda yaitu sagu, hanya saja kemudian sagunya di goreng dan dipotong kecil-kecil, kalau kamu suka makan gorengan, tekstur dan rasanya gak jauh beda dari cireng. Dinikmati bersama dengan red curry soup atau kuah kari merah yang berbahan dasar ikan makarel. Rasa soupnya cukup gurih dan rempahnya sangat terasa. Enak,

papoea by nature kuliner papua 15

papoea by nature kuliner papua 17

Fried Garlic Casava, Rp. 45.000,-

Wah siapa sih yang gak doyan singkong goreng, gak hanya menjadi makanan yang ditemui di jalanan namun sudah menjadi salah satu list menu restoran dan hote. Singkong goreng di Papoea sangat renyah diluar dan lembut didalam, disajikan bersama dengan sambal terasi yang enak sekali.

papoea by nature kuliner papua 2

 

Fried Canary Banana with Sea Salt Caramel Sauce, Rp. 48.000,-

Pisang goreng yang dinikmati bersama dengan sea salt caramel sauce lalu diberi topping kacang kenari, sekali coba ini pasti langsung ketagihan. Karena aku suka banget berbagai macam olahan dari pisang.

papoea by nature kuliner papua 4

 

Grilled Banana, Rp. 39.000,-

Masih dengan sajian berbahan dasar pisang dan sagu. Pisang yang dipanggang dan diberi sea salt lalu ditaburi dengan potongan cabai dan fresh herb.

papoea by nature kuliner papua 9

 

Purple Yum Croquettes Potatoes dan Sayur Lilin, Rp. 49.000,-

Aku pikir ini adalalh bola ubi crispy diluar dan manis didalam, tapi ternyata salah dong. Croquettes yang terbuat dari ubi ungu ini berisikan sayur lilin khas papua. Makan satu aja kenyang.

papoea by nature kuliner papua 7

 

Buah Merah Sagoo Canapes with Seasoned Chicken Rp. 55.000,-

Yang ini penampilannya serta warnanya cantik banget. Terbuat dari bahan dasar sagu lalu dimasak dengan jus buah merah dan di isi dengan suiran ayam lalu ditumpuk lagi dan diberi topping dengan serundeng.

papoea by nature kuliner papua 14

 

Caramelised Coconut Lime Sagoo, Rp. 55.000,-

Yang ini favourite aku banget, soalnya udah bolak balik buat nyobain ini doank hahaha.. Rasanya manis, segar dan teksturnya lembut dipadu dengan cruchy diatasnya.

Masih dengan berbahan dasar sagu yang di kukus lalu diberi topping caramelised coconut dan lime leaf dust atau bubuk daun jeruk nipis.

papoea by nature kuliner papua 6

 

Doughnut Buah Merah, Rp. 45.000,-

Dougnut atau donat berisikan fla dari buah merah lalu ditaburi dengan gula dingin, tekstur donatnya lembut dan empuk sekali. Aku kira rasa buah merah seperti buah beet yang akan sedikit langu, tapi ternyata tidak ya. Malahan enak.

papoea by nature kuliner papua 1

 

Peanut Muffin, Rp. 35.000,-

Selain pilihan donat ada juga peanut muffin, yang dicampur dengan peanut butter dan diberi topping remahan kacang.

papoea by nature kuliner papua 5

 

Durian Egg Tart, Rp. 40.000,-

Kue lontar atau egg tart yang berasal dari daerah FakFak yang penduduknya merupakan mayoritas muslim. Seringkali makanan yang sama namun mempunyai nama yang berbeda-beda, diadaptasi ketika jaman belanda munculah sebutan Round Tart yang kemudian menjadi lontar atau egg tart.

Egg tart yang ada di Papoea by Nature diberi filling buah durian, karena ternyata buah durian di papua sungguh melimpah. Gak heran sekali kamu coba hidangan yang satu ini pasti ketagihan.

papoea by nature kuliner papua 3

Sebelum mulai menjajaki provinsi Papua dan menikmati langsung kulinernya dengan indahnya alam disana, saya bersama dengan teman lainnya mencicipi lewat rasa yang dihadirkan oleh Papoea by Nature. Rasanya yang khas, dan citarasanya yang unik

Apalagi selama Grand Opening Papoea by Nature ada diskon 50% untuk semua menunya. Asik banget kan, udah gak usah pakai mikir lagi. Ajak teman, keluarga, sahabat, kolega, pacar dan juga gebetan untuk makan hidangan khas papua yang otentik disini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *