Sekarang menjadi Food Blogger atau Food Influencer mulai banyak diminati oleh banyak orang. Berbondong-bondong mengabadikan berbagai moment kuliner disekitarnya untuk dibagikan kepada orang banyak lewat media sosial.

Seringkali kalau berpergian untuk hunting kuliner yang aku persiapkan yaitu kamera DSLR, tripod dan handphone. Bahkan saat ini lagi kepingin untuk produksi video jadinya aku memanfaatkan pemakaian menggunakan action camera. Ih ribet ya! Hahaha.

Pengen deh punya satu alat perekam yang bisa melakukan semua kebutuhan aku tersebut, sampai akhirnya aku menemukan gadget yang bisa melakukan apa yang aku inginkan loh. Sebelum aku memberitahukannya aku kasih tau dulu ya alasan aku mengapa membawa gear dan gadget segitu banyaknya.

burgreens - oppo R17

 

Yang Dibutuhkan Untuk Hunting Kuliner

Memang agak banyak peralatan serta gadget yang aku bawa guna untuk memenuhi kebutuhan untuk hunting kuliner, karena aku belum mempunyai satu gadget yang bisa recover semuanya.

1. Handphone

Handphone yang aku gunakan saat ini masih sangat baik dipakai untuk kebutuhan photo dan video terutama di tempat dengan cahaya yang berlimpah yaitu di luar ruangan, sebaliknya jika pengambilan photo dan video pada ruangan yang minim cahaya malah hasilnya kurang memuaskan alias tidak tajam.

2. Kamera DSLR

Kamera DSLR yang aku gunakan saat ini masih menjadi primadona ketika aku bawa untuk hunting kuliner, karena selama ini aku puas banget dengan lensa fix yang aku gunakan yaitu lensa 50mm F1.8. Yang membuat aku puas dengan hasilnya yaitu bokehnya yang pas, walau ketika pengambilan gambar aku harus mundur beberapa langkah menjauh hihihi.

food blogger photo dengan oppo R17

3. Action camera

Beberapa konten video pernah aku ambil dengan menggunakan Action camera, sekarang pengen coba untuk mengaktifkan youtube aku yang sudah lama tidak upload video baru. Sebenarnya aku kurang puas dengan hasilnya, masih so-so. Tapi, lumayan digunakan karena bisa mengambil angle wide ketika pengambilan gambar maupun video.

Baca juga: Belajar Food Photography

 

4. Tripod

Gear yang satu ini sih kadang suka lupa juga dibawa, tapi sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas pengambilan gambar baik dengan menggunakan handphone ataupun Action camera. Pada kamera DSLR yang aku miliki, stabilizernya tidak bekerja lagi. Jadi, meskipun menggunakan tripod tetap saja hasilnya tidak memuaskan buatku.

Selain menjaga stabilitas tentunya ketika pengambilan video kuliner seperti mukbang, tidak perlu dipegang kendali lagi, bisa stay pada satu tempat saja. Jadi, aku sama suami bisa satu frame deh hahaha.

 

5. OTG Adapter

Berhubung kamera DSLR aku masih kamera type lama yang belum bisa transfer data melalui wifi jadilah aku sangat mengandalkan OTG Adapter untuk memindahkan photo yang aku gunakan setiap kali diambil dengan menggunakan kamera DSLR ke handphone. Memang agak sedikit ribet sih, tapi itu adalah salah satu cara yang mudah dan murah hahaha.

Meski tidak melulu semua barang tersebut aku bawa untuk kebutuhan hunting kuliner, yang menjadi andalan dan tidak pernah absen ku bawa adalah handphone, Kamera DSLR serta OTG Adapter.

Nah, menjawab keinginanku dan mungkin juga teman-teman food blogger dan food influencer lainnya aku berkesempatan untuk mencoba handphone seri terbaru dari OPPO yaitu OPPO R17 Pro.

kawasan kuliner laksa photo food blogger oppo R17

 

Melirik Spesifikasi OPPO R17 Pro

Sejauh ini OPPO adalah salah satu merk gadget yang terus berinovasi mengeluarkan produk dengan berbagai fitur canggih yang dibutuhkan oleh kaum milenial seperti kita. Selain itu di dukung dengan designnya yang selalu uptodate, manis dan mewah.

oppo R17 pro handphone food blogger

Designnya yang mewah

Pertama kali melihat OPPO R17 Pro designnya cantik, mewah, minimalis dan modern yang memiliki warna Radiant Mist yaitu campuran warna biru dengan gradasi ungu. OPPO R17 Pro berukuran 6,4 inchi dan layar corning Gorilla Glass 6 itu artinya aman pada benturan, tidak langsung kena layar.

 

Fingerprint

Mungkin ini bukanlah teknologi pertama yang terdapat pada handphone OPPO namun, pada OPPO R17 Pro selain in-screen Fingerprint pada screen yang full seperti pada pendahulunya yaitu OPPO F7 tidak ada garis atau space untuk tombol dibawah layar. Seperti khas-nya dari handphone OPPO pada sentuhan layar depan terdapat notch kecil berbentuk waterdrop, ini berfungsi sebagai wadah kamera selfie dan proximity sensor.

fingerprint oppo R17 Pro

fingerprint oppo R17 Pro 1

 

Triple Camera

Dibekali dengan tiga kamera utama pada bagian belakang OPPO R17 Pro yang memiliki tagline “Seize The Night” ini mampu menghasilkan photo meskipun dengan minim cahaya. Adapun 3 kamera yang dimiliki yaitu:

1. Infrared Camera

Berfungsi memberikan efek post editing pada wajah yang lebih presisi dan digunakan sebagai AR Rules. Fitur AR Rules berguna untuk mendeteksi jarak kamera ke objek utama.

2. Camera of F/1.5 & F/2.4 Aperture

Pada saat memotret, system akan secara otomatis memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan gambar dengan komposisi terbaik menurut AI (tidak bisa pilih manual), sehingga ketika memotret pada malam hari tidak akan terlalu gelap dan ketika memotret dalam kondisi cahaya sangat terang tidak over-exposure.

Baca Juga: 101 Trik at Food Photo Class

oppo R17 pro gulanyagulali

Super VOOC Flash Charge

Teknologi lainnya yang dimiliki oleh OPPO R17 Pro yaitu SuperVOOC Flash Charge yaitu dapat mengisi tenaga batterai handphone hanya dalam kurun waktu 35 menit saja, selain itu SuperVOOC Flash Charge juga aman dipakai saat pengisian daya serta tidak menimbulkan panas dan tetap stabil dari segi durasi pengisian.

Kapasitas Penyimpanan

OPPO R17 Pro menggunakan Snapdragon 710 yang lebih bertenaga serta system-on-chip ini yang dipadankan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Nah, sekarang saatnya mencoba langsung kamera OPPO R17 Pro yang digunakan untuk hunting kuliner memotret makanan, apakah secetar seperti apa yang dikatakan?.

oppo R17 pro gulanyagulali 1

 

Hunting Kuliner Dengan OPPO R17 Pro

Sepulang kerja aku kepingin makan yang manis-manis, sebagai seorang sweet tooth kali ini aku mampir disalah satu mall untuk membeli cheese tart. Apalagi saat itu promo beli 5 buah gratis 1 buah sedang digalakan kembali.

mode photo - food di oppo R17 Pro gulanyagulali

Esok paginya sebagai teman kopi pahit aku mencoba untuk tes photo cheese tart dengan menggunakan OPPO R17 Pro menggunakan mode photo dengan kondisi didalam rumah dekat dengan jendela.

baked cheese tart with oppo R17 pro - mode photo

Hasilnya buatku sangat memuaskan dikarenakan bokeh yang dihasilkan oleh kamera OPPO R17 Pro keren dan seperti layaknya kamera DSLR, yang membedakan hanyalah tangkapan dengan menggunakan kamera handphone lebih wide saja dan itu bisa diakali dengan cara di crop nantinya.

Selain itu ketika dalam pengambilan photo makanan handphone pintar ini secara langsung mendeteksi mode photo yang akan digunakan yaitu Food.

mode photo - food di oppo R17 Pro

Selain itu saya juga mecoba mengambil gambar dengan objek secangkir kopi yang diletakkan di teras depan rumah menggunakan mode photo, sejauh ini saya sangat puas karena hasilnya mirip dengan kamera DSLR, karena meski dengan berlimpah cahaya tapi photo dengan menggunakan OPPO R17 Pro dapat menyerap cahaya sekitar, membuatnya menjadi adem dan tidak terlalu over exposure.

oppo R17 Pro mode photo

Ultra Night Mode

Sekarang saatnya mencoba kecanggihan dari OPPO R17 Pro yang dapat memotret dengan jelas dalam keadaan minim cahaya. Berikut perbandingan photo dengan menggunakan mode Photo dan Ultra Night Mode dengan HDR.

Photo ini di ambil ketika berada di tepi jalan dalam keadaan minim cahaya, tangkapan yang dihasilkan oleh OPPO R17 untuk mode Ultra Night Mode with HDR sangat jelas, clear dan tegas menurut saya, bahkan penerangannya pun oke banget.

 

oppo R17 landscape - mode photo
Oppo R17 with Ultra Night – Mode Photo tanpa HDR

 

oppo R17 landscape - mode night hdr
Oppo R17 with Ultra Night – Mode Photo dengan HDR

Tidak sampai disitu saja, saya juga mencoba memotret pada malam hari di beberapa tempat salah satunya di taman lampu Aeon Mall BSD City, meskipun terdapat banyak cahaya dari lampu-lampu disekitar seringkali ketika mengambil photo dengan menggunakan handphone cahaya yang tertangkap mengikuti warna cahaya dari lampu, kurang jelas alias terlalu banyak noise dan tidak terang.

Berbeda ketika saya menggunakan Ultra Night Mode with HDR dan mode potrait tanpa HDR dengan menggunakan OPPO R17 Pro menjadikan objek terlihat lebih jelas dan terang, serta cahaya kegelapan pada sekelilingnya justru tidak terlalu exposure oleh lampu-lampunya.

oppo R17 aeon outdoor - mode night hdr
Mode Ultra Night with HDR

 

oppo R17 aeon outdoor - mode potrait
Mode Potret tanpa HDR

 

Selfie Dengan Hasil Riil

Untuk fitur pada kamera selanjutnya yang mesti banget dicoba yaitu selfie, siapa sih yang gak suka selfie. Meski potret diri sendiri ataupun berswa photo dengan orang lain menjadi salah satu kegiatan memotret yang menyenangkan.

Biasanya yang terjadi ketika selfie mendapati hasil cermin, namun dengan menggunakan OPPO R17 Pro cukup mengubah setting kamera. Pada mode FOTO tekan tombol settings di bagian kanan atas layar lalu aktifkan Flip Selfie agar hasil photo secara otomatis disesuaikan dengan kondisi riil.

oppo R17 aeon outdoor - mode potrait selfie 1

 

Sticker Phone Selfie Tanpa Aplikasi

Selain Ultra Night Mode, Photo, Potrait dan Video selanjutnya pada fitur kamera OPPO R17 Pro terdapat photo sticker. Biasanya untuk photo dengan menggunakan sticker-sticker lucu yang menggemaskan diharuskan untuk mendownload aplikasi.

Tidak dengan OPPO R17 Pro yang sudah menyediakan koleksi sticker untuk digunakan pada selfie sticker, seru banget!

oppo R17 mode sticker food blogger

Menurutku OPPO R17 Pro ini keren banget, dalam satu genggaman aku bisa mendapatkan apa yang aku butuhkan, dari segi photo maupun video bahkan memorinya juga besar.

Kebutuhanku sebagai Food Blogger terkadang tidak melulu mendapatkan pencahayaan yang baik untuk memotret makanan, bisa jadi lampu pada restoran sedikit remang-remang dan minim cahaya sama sekali, bahkan selfie saja bisa gelap.

Harga OPPO R17 Pro di banderol dengan harga Rp.9.999.000,- untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO R17 Pro bisa dilihat di http://r17pro.oppomobile.id/ atau https://www.oppo.com/id/smartphone-r17-pro/

OPPO R17 Pro menjawab itu semua dengah kecanggihan fitur didalamnya. Keren!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *