Semakin mendekati proses persalinan pada usia kehamilan saya yang menginjak 32 weeks ini mulai banyak diliputi berbagai rasa antara khawatir, takut dan bahagia. Dikarenakan ini kehamilan pertama kami, soal persiapan tentunya dibuat rempong dan sedikit gelagapan, takut-taku malah ada yang kurang dan tidak sesuai realisasinya.

Alih-alih kami repot mempersiapkan soal kelahiran ternyata ada persiapan yang terlupakan yaitu bagaimana penanganan setelah melahirkan salah satunya yaitu proses menyusui. Saya mulai banyak mencari informasi seputar meng-Asi-hi atau menyusui dan hal apa saja yang dapat saya lakukan semasa kehamilan. Namun, ternyata ada hal yang terlupakan yaitu pentingnya Peran AYAH ASI dalam keberhasilan ibu menyusui.

Beruntungnya saya mendapat undangan ASI Dari Dua Sisi bersama Prenagen dan Hello Sehat di Kedai Kopi 89, Kemang. Disini para suami turut serta menghadiri event karena pentingnya Asi juga atas dukungan suami, jadi biar suami dan istri bisa sama-sama bisa saling mendukung untuk keberhasilan proses menyusui.

prenagen asi dari dua sisi hello sehat Ayah Asi
Aku dan Prenagen

Pentingnya Peran AYAH ASI dalam Keberhasilan Ibu Menyusui

Rasanya tidak lengkap jika sesama Ibu hamil dan menyusui tidak saling support dan sharing, untuk itu dalam acara Asi dari Dua Sisi menghadirkan salah satu narasumber yaitu Febie Arimbhie seorang mom selebgram yang akan berbagi  pengalamannya soal mengasihi dan peran Ayah Asi.

Jika ada lagu yang berirama “Karena Wanita Ingin Dimengerti” tentulah benar adanya terlebih ketika ia sedang mengalami masa kehamilan dan memberikan Asi Eksklusif.

Susu Prenagen Ayah Asi

Bergejolaknya hormon yang membuat sang ibu menjadi terlalu sensitive serta mood naik turun yang dapat mengakibatkan gangguan pada kehamilan dan juga produksi Asi. Itu sebabnya Ayah juga harus mempunyai pengetahuan dasar soal Asi agar dapat memberi dukungan penuh untuk ibu, di sisi lain juga keluarga dari lingkungan sekitar.

prenagen asi dari dua sisi Ayah Asi

Menurut Febie, Peran Ayah Asi  dalam mendukung keberhasilan Ibu Menyusui dimulai dengan membantu kegiatan ibu, mulai dari ikut mengurus anak, membuat ibu happy dengan cara membawakan makanan kesukaan selepas pulang kerja, membiarkan ibu istirahat sejenak ketika malam (begadang), menggantikan ibu menyusui anak (memberikan susu yang sudah diperah oleh ibu kepada anak dengan cup feeder semisal atau botol) dan Pijat oksitosin untuk membantu merangsang produksi Asi ibu.

Insya allah dengan dukungan penuh dari Ayah Asi maka akan terpenuhi juga nutrisi dan Asi eksklusif terhadap anak dan ibu juga dapat terhindar dari Baby Blues. Ibu Happy anak juga akan Happy.

Pijat Oksitosin – Pijat Bahagia Memperlancar Produksi Asi

Hormon oksitosin atau hormon cinta ­yang dipercaya dapat memberikan efek yang penting untuk memperlancar produksi Asi Ibu. Narasumber selanjutnya diisi oleh Bidan Israna Atikah, S.Keb yang akan membagikan tips serta demo cara melakukan Pijat Oksitosin dan perawatan payudara untuk ibu menyusui.

Tujuan dari Perawatan Payudara yaitu menjaga kebersihan payudara, melenturkan dan menguatkan putting susu, melenturkan putting susu yang tenggelam dan untuk memperbanyak produksi asi.

Bidan Israna Atikah Moma Muda Pijat Oksitosin

Rangkaian dari perawatan payudara terdiri dari:

1. Pijat Payudara

Pijat payudara dapat dilakukan bahkan ketika saat masa kehamilan, dengan tujuan untuk melancarkan peredaran darah dan yang menjadi aliran jalur susu ibu. Sebelum melakukan pijat payudara alangkah baiknya untuk bersihkan terlebih dahulu putting susu diantaranya:

– Pastikan tangan dalam keadaan bersih

– Siapkan kapas dan basahi dengan baby oil

– Tempelkan kapas di putting susu dan tahan selama 3 menit

– Lepaskan kapas sambil ditekan lembut dan diputar untuk dapat membersihkan area putting susu dan areola

Langkah selanjutnya dilakukan pemijatan payudara dengan cara:

– Letakkan kedua tangan ditengah dada atau antar payudara lalu lakukan gerakan memutar keluar mengelilingi payudara, lakukan gerakan ini selama 5 kali sesi.

– Topang bawah payudara dengan tangan kanan lalu tangan kiri pijat dari atas payudara menuju putting , tekan secara lembut dan perlaha, lakukan gerakan ini selama 5 kali sesi dan bergantian.

– Masih dengan gerakan yang sama, topang payudara dengan tangan kanan lalu pijat payudara dari atas menuju putting dengan tangan kiri yang dikepal dan tekan melalui ujung tulang jari, lakukan gerakan ini selama 5 kali sesi dan bergantian.

Tekanan pada pijat payudara dapat dilalukan sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan, tidak terlalu keras. Jika ibu mengalami kontraksi atau perut kencang sebaiknya pemijatan payudara dihentikan terlebih dahulu.

2. Cold and Heat Therapy

Dilakukan setelah selesai melakukan pijat payudara yaitu kompres payudara dengan air hangat dan dingin secara bergantian selama 2-3 menit.

3. Pijat Oksitosin

Pijat ini dapat menimbulkan hormon bahagia pada ibu, apalagi jika ayah yang melakukannya karena pasti akan terpancar cinta ketika melakukannya. Langkah pijat oksitosin mampu merangsang produksi asi untuk ibu menyusui  yaitu dilakukan dengan cara:

– Tekan bagian leher atas hingga pundak dengan kedua jempol secara bersamaan.

– Pada tulang punggung melurus dari pundak hingga pinggang, lakukan pijatan dengan kedua tangan yang dikepalkan dengan cara menekan satu titik (pakai jempol) dari atas hingga kebawah.

cara pijat oksitosin

– Masih dari posisi atas (dileher belakang) kepalkan kedua tangan dan tekan dengan jempol lalu lakukan tekanan pijatan dengan memutar kebawah melingkar tulang belikat.

– Pada punggung juga dapat dilakukan pijatan dengan kepalkan tangan dan tekan dengan jempol dari dalam hingga keluar (menuju tulang lengan).

Bagaimana moms gampang banget kan, pasti para Ayah Asi juga dapat melakukannya. Perawatan payudara dapat terus dilakukan secara sistematis untuk dapatkan hasil yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kebersihan sehari-hari dan kenakan BH yang dapat menopang payudara dengan baik.

Selain informasi mengenai perawatan payudara, Ayah Asi serta seputar kehamilan dan lain-lain kamu juga dapat membaca berbagai informasi seputar kesehatan secara lengkap di Hello Sehat.

Hamil bersama prenagen ayah asi
Hamil bersama Prenagen

Prenagen Susu Pendukung Untuk Produktivitas Asi

Acara Asi Dari Dua Sisi tidak hanya sampai disitu saja, masih ada pengetahuan lain seputar asi yang saya dapatkan sebagai calon ibu nantinya. Salah satunya rangkaian perawatan payudara untuk produktivitas asi yang dapat dilakukan sejak kehamilan agar nantinya ketika selesai melahirkan, produksi asi (insya allah) akan mudah keluar.

varian dari Prenagen

Sebelum kehamilan hingga proses menyusui peran Prenagen tidak kalah penting sebagai susu yang penuh nutrisi untuk mendukung ASI, bahkan variannya rasanya juga banyak serta enak. jadi gak bikin bosen para ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsinya.

Pada kesempatan event Asi Dari Dua Sisi Prenagen meluncurkan produk susu terbarunya yaitu Prenagen Almond Barley Soya dan tentunya saya menjadi salah satu ibu yang beruntung untuk mencicipinya terlebih dahulu. Wah senangnya..!

prenagen almond barley soya

Prenagen Almond Barley Soya terbuat dengan kandungan alam sebagai tambahan nutrisi harian untuk ibu menyusi, mengandung asam folat, sebagai sumber karbohidrat, zat besi, vitamin D3, kalsium, bebas laktosa dan rendah lemak. Kemasannya yang praktis cocok untuk dinikmati kapanpun dan dimanapun.

Rasanya pun menurutku enak banget karena tidak terlalu manis dan perpaduan rasa antara soya, almond juga ngeblend secara sempurna. Dalam satu pack UHT dengan kalori per-saji (200ml) yaitu 80 kkal, cocok untuk tambahan nutrisi atau snack ibu hamil dan menyusui. Sebagai Asi Booster juga pas sekali, paling enak dinikmati ketika dingin moms.

asi booster prenagen almond barley soya

Prenagen Almond Barley Soya dapat moms temukan di Kalbe Store (https://www.kalbestore.com/) dengan membeli rangkaian produk Prenagen di Kalbe Store moms akan dapatkan point, yang dimana point tersebut bisa ditukarkan dengan Kalbe Family Gift diantaranya smartphone, hand blender dan smartwatch. Untuk dapat menjadi Kalbe Family moms dapat mengunjungi https://www.kalbefamily.co.id dan download aplikasinya melalui scan barcode berikut ini.

scan aplikasi kalbe family
Yuk Scan atau Download Aplikasi Kalbe Family
Reward Kalbe Family
Reward Kalbe Family

Saat acara berlangsung tidak hanya mendapatkan ilmu bermanfaat seputar asi tapi juga Keuntungan lainnya yaitu menjadi Kalbe Family. Wah asiknya! Bisa langsung borong susu Prenagen dan dapatkan rewardnya.

Semoga postingan ini dapat membantu dan memberikan banyak informasi untuk para calon Ibu dan Ayah dalam menyambut si buah hati.

56 kali dilihat, 7 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *