Setiap pasangan yang telah menikah tentunya mendambakan seorang anak dalam kehidupannya. Anugerah dari Allah SWT yang diberikan dalam bentuk kehamilan. Proses perjalanan menuju kehamilan tentunya pada setiap pasangan tidaklah sama. Ada yang dari awal menikah memang sengaja menunda kehamilan atau ada juga yang siap sedia sedari awal dengan rejeki ini.

Buat saya dan suami kami memang tidak menunda kehamilan, sebuah kepercayaan diberinya seorang makhluk hidup yang akan mampir dalam rahim ini. Sedari awal saya mulai bertanya kepada teman yang berpengalaman, seperti bagaimana caranya agar hamil, apa ada kiat khusus yang dilakukan ketika berhubungan, atau apakah ada yang harus kita konsumsi agar terjadinya kehamilan atau harus menggunakan alat tes kesuburan seperti sensitif ovutest.

Sebagai pasangan muda yang baru saja menikah, tentunya ada banyak sekali pertanyaan seputar kehamilan. Beruntungnya tanggal 06 Oktober 2018 kemarin, bertempat di Ocha Bella, Hotel Morrisey, Jakarta saya mengikuti gathering dengan tema “Sensitif Journey with Ovutest, Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan” yang di isi oleh narasumber dr.Huthia Andriyana,SpOG , Anita Winata, Product Manager Sensitif PT. Danpac Pharma dan bintang tamu Chacha Frederica.

sebuah perjalanan menuju kehamilan 1

 

Perjalanan Menuju Kehamilan Dengan Tes Masa Subur

Ketika pacaran pasti akan selalu saja ada yang bertanya ‘kapan nikah?’, bahkan selepas menikah-pun pertanyaan tersebut tidaklah berhenti, justru berganti menjadi ‘kapan punya anak?, udah hamil belum?‘. Setelah hamil dan punya anak pertama-pun pertanyaan lain akan muncul, ‘kapan nih nambah anak?’. deuuh.. namanya juga hidup sist, tekanan mah selalu ada dari penjuru arah.

Kalau mengikuti semua tekanan tersebut bisa-bisa hidup gak akan bisa dibawa santai. Kali ini saya mengalaminya langsung, sekarang sih masih dalam tahap menanggapinya dengan santai dan senang aja setiap ada yang tanya, bahkan tidak segan-segan minta di doain agar bisa segera diberi momongan.

Beruntungnya baik keluarga saya dan suami tidak ada tekanan untuk dapat segera punya anak. Kalau memang sudah waktunya diberi kepercayaan untuk punya anak sendiri pasti akan tiba saatnya, yang penting terus usaha, ehe.

alat uji masa subur ovutest

Dari awal saya dan suami mengira untuk dapat hamil salah satu cara ya terus berhubungan secara rutin dan dalam jumlah yang banyak, maklum namanya juga penganten baru, jadi gak ada jeda untuk melewatkannya hahaha.

Ternyata hal tersebut tidaklah benar sepenuhnya, berhubungan memanglah salah satu cara untuk dapat terjadinya kehamilan, asal berhubungan dengan pasangan yang sah ya. Akan tetapi, waktu ketika berhubungannya lah yang harus diperhatikan yaitu ketika saat ovulasi atau masa subur.

dr.Huthia Andriyana,SpOG menjelaskan mengenai kehamilan dan pengecekan masa subur sangatlah penting untuk merencanakan kehamilan. Ada banyak orang yang benar-benar mempersiapkan kondisi serta asupan gizi untuk dapat terjadinya kehamilan. Asupan gizi dan asam folat dapat dilakukan dari 3 bulan sebelum proses kehamilan, agar janin dapat tumbuh sehat mulai dari kandungan. Tapi, soal asupan gizi tidak hanya diperhatikan dari pihak wanitanya saja, untuk pasangan atau suami juga harus diperhatikan, semisal untuk tidak dan berhenti merokok.

Satu kali dalam setiap bulan terjadinya pelepasan sel telur (ovulasi) yang matang dan siap untuk dibuahi. Biasanya terjadi sekitar hari ke-14 pada siklus haid. Dalam kondisi ini setiap perempuan dan dari bulan ke bulan berikutnya tidaklah sama.

Ketika sel telur dikeluarkan dari indung telur maka sel telur tersebut akan bergerak melalui “fallopian tube” (saluran/pembuluh telur ke rahim) sel telur akan bertahan selama 24 jam, itu sebabnya dianjurkan sel telur tersebut harus bertemu dengan sperma agar terjadinya kehamilan.

Selain menghitung masa subur dari siklus haid, bisa ditandai dengan melihat masa subur dari perubahan suhu tubuh, perubahan sekresi lendir leher rahim (servik) yang ketika kita rekatkan lalu dipisahkan dengan kedua jari lendir tersebut tidak pecah, dan indikator minor seperti nyeri perut, perubahan payudara.

alat tes masa kesuburan ovutest 1

 

Mengetahui Masa Subur dengan Sensitif Ovutest

Selain lewat hitungan kalender siklus haid, sekarang kamu bisa lebih meyakinkan diri untuk mengetahui masa subur dengan Sensitif Ovutest.

Jadi, sensitif ovutest ini merupakan alat uji masa subur yang dapat digunakan untuk para wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau menunda momongan dulu nih. Ada 4 Jenis Sensitif Ovutest yang bisa kamu gunakan, yaitu :

Ovutest Strip

Pada Sensitif Ovutest Strip, Hal yang perlu diantisipasi dan diingat adalah kemampuan Sperma yang dapat bertahan hidup selama 3 – 5 hari atau lebih lama dalam serviks wanita bila ada lendir serviks yang subur.

Siklus menstruasi adalah jumlah hari dari hari pertama menstruasi sampai hari sebelum menstruasi bulan berikutnya. Cocokkan dengan tabel siklus di bawah ini :

tabel siklus haid hitung masa subur
Keterangan :
Menstruasi hari pertama adalah hari ke-1, jika siklus menstruasi Anda kurang dari 21 hari atau lebih dari 40 hari, maka konsultasikan dengan dokter Anda Untuk menentukan kapan mulai tes adalah sebagai berikut :

Jika siklus Anda 28 hari (lihat tabel siklus diatas), maka tes dilakukan pada hari ke-11, cara menentukan hari ke-11 sbb :
3 = adalah tanggal pertama haid
11 = hari mulai tes
atau dapat dihitung dengan cara 3+11 = 14
Jadi, tes kesuburan dimulai pada tanggal 14 bulan terakhir.
Perhitungan di atas dilakukan untuk mengetahui kapan waktu untuk memeriksa masa subur menggunakan Ovutest. Lakukan pengujian dengan menggunakan urin antara jam 10.00-20.00 tapi jangan gunakan urin pertama di pagi hari. Sebaiknya kurangi asupan cairan 2 jam sebelum melakukan tes karena bisa mempengaruhi untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Jika Ovutest menunjukkan tanda positif yang ditandai dengan munculnya dua garis warna atau jika garis warna pada daerah tes (T) lebih gelap atau sama dengan daerah garis Control (C). Ovulasi akan terjadi dalam 24-48 jam berikutnya. Jika menginginkan kehamilan, maka lakukan hubungan intim dalam waktu 24-48 jam. (sumber : web sensitif).

alat uji masa subur sensitif

 

Ovutest Scope

Sensitif Ovutest scope merupakan monitor ovulasi pertama di Indonesia dengan menggunakan air liur. Jadi, lebih ekonomis dan higienis dari kit tes urine. Memiliki keakuratan 98% dan dapat digunakan berulang kali.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, buka kemasan dari ovutest, lalu mengambil air liur dibawah lidah dan oleskan diatas tempat yang terlihat seperti kaca cembung setelah itu lihat hasilnya secara langsung di dalam bulatan tersebut.

ovutest scope alat kesuburan

ovutest scope

 

Ovutest 7 Days Plan

Sensitif Ovutest 7 Days Plan Dilengkapi dengan 7 strip uji masa subur. Dengan cara penggunaan dimulai dengan ovutest strip pada 3 hari sebelum, saat dan sesudah tanggal perkiraan masa subur sesuai dengan hitungan kalender ovulasi. Pada akhir siklus haid, gunakan alat tes kehamilan Sensitif Compact. Paket Ovutest 7 Days Plan ini cocok untuk pasangan yang ingin segera hamil dengan proses natural.

 

Ovutest Digital

Sensitif Ovutest Digital, Alat uji kesuburan yang dapat memberikan hasil secara pasti dan akurat 99% dilengkapi dengan jawaban pada layar kecil yaitu “YES – Subur” dan “No- Tidak Subur”. Praktis dan nyaman dipegang serta terdapat penutup pada bagian ujung alat test-nya sehingga dapat disimpan secara higienis.

ovutest uji tes kesuburan sensitif

Kalau udah tau gini, kayaknya aku mau coba deh sama suami untuk praktekin langsung dan kira-kira untuk pembaca blogku share donk cerita tentang kehamilannya, siapa tau bisa menjadi inspirasi dan pelajaran buatku dan juga buat teman-teman lain yang sedang menantikan kehamilan. Karena setiap kehamilan tentunya punya cerita unik tersendiri.

5 thoughts on “Perjalanan Menuju Kehamilan Dengan Tes Masa Subur”

  1. Alhamdulillah aku hamil anak dua tanpa perencanaan sama sekali. Hehe. Tiba tiba jadi aja gitu. InshaaAllah kalo punya anak ketiga mau di rencanain dl pakai Ovutest, biar bisa siap lahir batin.. Anak ketiga nanti bener bener mau mulai semuanha dari nol lagi dengan Ovutest ah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *