Perkembangan teknologi kian pesat, tidak hanya para orangtua dan remaja tapi anak-anak jaman now juga dituntut untuk mengikuti perkembangan yang ada, Dengan kata lain biar gak ketinggalan jaman.

Alih-alih soal jaman, metode pengajaran dan mendidika anak kerap disandingkan dengan gadget sebagai alat bantu. Tentu hal tersebut sangat bermanfaat sekali untuk para anak-anak asalkan digunakan secara bijak. Pasalnya gadget yang berhubungan dengan koneksi internet kini bukan lagi hanya di gemari oleh kalangan dewasa saja tapi juga anak-anak.

Berselancar di dunia maya secara bebas tentunya sang anak memang belum tahu batasannya, yang mereka tau hal tersebut adalah menyenangkan. Tidak sedikit para orangtua mulai meninggalkan permainan edukatif yang dapat melatih motorik anak, bermain-main diluar rumah atau memberikan kegiatan aktif dirumah kerap digantikan dengan permainan di gadget.

Baik untuk anak tau tidak ya?

pendidikan anak sejak dini

Permainan Edukatif Untuk Anak di Tengah Perkembangan Gadget

Permainan dan hiburan yang terdapat pada gadget tidak melulu buruk kok, selama orangtua dapat mengarahkannya dengan lebih baik seperti mempunyai batas waktu untuk menonton dan bermain gadget, tidak melulu selalu diberikan gadget ketika anak mulai menangis karena hal tersebutlah yang menjadikan anak candu.

Semenjak ada gadget permainan edukatif lainnya seperti jarang sekali terlihat, anak-anak lebih banyak disodorkan dengan handphone atau tab ketika sedang makan, istirahat atau menenangkan ketika anak mulai crancky.

Manfaat dari permainan edukatif itu banyak dan dapat membantu perkembangan anak, diantaranya :

Manfaat Permainan Edukasi

1.Melatih Konsentrasi

Permainan edukatif dirancang untuk membangkitkan kepintaran anak, termasuk dalam melatih konsentrasinya. Seperti saat menyusun puzzle, si anak dituntut untuk fokus pada gambar yang ada dihadapannya. Jika tidak berkonsentrasi hasilnya pun kurang memuaskan.

2.Melatih kemampuan motorik

Selain itu permainan edukatif dapat melatih kemampuan motorik halus dan kasar si anak. Motorik halus diperoleh ketika mengambil mainan, meraba serta memegang dengan kedua tangannya dsbg. Sedangkan rangsangan motorik kasar didapat anak saat menggerakkan mainannya, melempar, mengangkat dsbg.

3.Sarana mengenalkan konsep sebab akibat

Anak kecil biasanya mempunyai rasa keingin tahuan yang sangat besar, biasanya anak tidak akan berhenti sampai disitu saja ketika kegiatannya dihentikan sampai rasa keingintahuan terpuaskan. Seperti ketika memasukkan benda kecil ke dalam benda yang besar, anak akan memahami bahwa benda yang lebih kecil bisa muat dalam benda yang lebih besar.

4.Melatih bahasan dan wawasan

Permainan edukatif untuk anak dapat dibarengi dengan aktifitas mendongeng, gunakan alat peraga untuk membuat cerita ibunda hidup ketika menyampaikannya kepada anak. Selain itu intonasi dan pengucapan ketika bercerita juga haruslah jelas, karena darisana anak akan mempelajari bahasa dan memberikannya wawasan.

5.Mengenalkan warna dan bentuk dengan benda secara langsung

Untuk mengenalkan warna dan betuk juga bisa dipelajari dengan gadget, hanya saja pengenalan secara langsung dengan menggunakan alat peraga bisa membuat anak lebih tertarik lagi.

permainan edukasi anak

Sebagai orangtua tentunya akan selalu memberikan yang terbaik untuk anak termasuk soal pendidikan, melihat perkembangan anak yang semakin hari semakin bikin bangga #ehem tentunya orangtua ingin selalu berada di sisi anak dan memberikan support.

Tapi, soal garis realitas dan kejadian yang mendatang tentunya tidak bisa diprediksi, sejak dini alangkah baiknya jika memberikan jaminan pendidikan anak, salah satu asuransi yang sudah diketahui kredibilitasnya yaitu Happyone.id dari asuransi astra.

HappyEdu, merupakan asuransi santunan pendidikan yang memberikan perlindungan utama berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila Tertanggung Utama meninggal dunia karena kecelakaan. Tentukan sendiri biaya pertanggungan atau premi yang diinginkan, kami akan bantu tentukan nilai perlindungan yang tepat untuk kamu dan keluarga.

Permainan Edukasi Anak Happyone

Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu:

-Santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan.
-Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan (minimal 5 hari dirawat berturut-turut).
-Tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat tetap keseluruhan.
-Santunan biaya pemakaman

Syarat dan Ketentuan Umum

-Berlaku 24 (dua puluh empat) jam sehari di manapun di seluruh wilayah teritorial Republik Indonesia atas risiko kecelakaan diri yang tidak dikecualikan dalam polis
-Diperuntukkan bagi usia lebih dari 17 hingga 64 tahun.
-Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.
-Memiliki anak kandung yang sah secara hukum usia 1 – 21 tahun.

 

Jika ingin mencoba kreasi sendiri dengan membuat permainan edukatif untuk anak sah-sah saja kok moms, tapi sekarang juga sudah banyak buku edukasi untuk anak beserta dengan permainan sambil belajar didalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *