Salah satu peralatan serbaguna yang harus ada di dapur yaitu Blender, karena dengan satu alat ini dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti untuk memasak, membuat minuman atau bumbu. Tapi, sebenarnya ada banyak cara menggunakan blender yang belum kamu ketahui loh. Apa yaa kira-kira simak terus sampai habis ya.

Setelah menikah sedikit demi sedikit mencicil memiliki peralatan dapur, tadinya aku menimbang antara beli mixer atau blender dan kemudian pilihan jatuh kepada blender. Karena merupakan alat dapur yang penting, mengingat setiap paginya aku mau mencoba untuk membuat smoothies sebagai pengganti sarapan. Selain itu alasan mengapa memilih blender adalah karena aku juga senang membuat cemilan, sayangnya ketika sedang mencoba untuk membuat sambal kacang untuk siomay malah terpentok karena gak punya blender. Lumayan pegel juga jikalau harus ngulek dengan tangan. belum lagi kehalusannya diluar harapan.

bahan smoothies
Bahan-Bahan Smoothies Yang Akan di lumatkan dengan Cosmos Blenz CB-801

 

9 Life Hack with Blender

Alat dapur bernama blender umumnya banyak orang mengenal untuk membuat minuman, nyatanya ada banyak kegunaan blender seperti untuk membuat MPASI anak, membuat bumbu dasar merah, putih dan kuning, menghaluskan adonan kue, menghaluskan kacang-kacangan dan lain-lain. Jadi, jangan dulu berpikir untuk memiliki banyak perabotan dapur, sebelum memaksimalkan alat dapur yang kita miliki. Selain menghemat kantong tentunya juga menghemat tempat hihihi. Karena gak semuanya-kan punya dapur yang luas.

Eits sebelum semakin jauh aku mau kasih tau 9 (sembilan) cara jitu yang bisa kamu gunakan dengan blender :

cosmos cb-802
Blender Cosmos Blenz CB-802

 

1.Membuat Daging Cincang

Aku menganggap kalau untuk menghaluskan daging diharuskan menggunakan chopper khusus, tidak bisa menggunakan blender karena akan ribet ketika mengeluarkan daging serta membersihkannya. Ternyata menggunakan blender saja bisa banget kok. Soal membersihkan tentunya bisa dilakukan dengan merendamnya terlebih dahulu agar gampang dibersihkan atau dengan cara menekan tombol pulse and clean seperti yang ada pada teknologi blender cosmos.

Cara ini paling sering aku lakukan untuk membuat makanan kucing, maklum kalau terus-terusan membeli wet food kucing bisa bangkrut hehehe, jadilah aku membuat resep khusus. Bahan utamanya adalah kepala ayam, cara membuatnya juga sangatlah mudah yaitu kepala ayam aku rebus hingga matang lalu aku tiriskan, air kaldunya jangan dibuang. Setelah itu barulah menghaluskan kepala ayam dengan blender dan beri sedikit kuah kaldunya agar dapat halus secara sempurna. Kemudian taruh di panci, masukkan kuah kaldu secukupnya (jangan terlalu banyak) lalu masukkan agar-agar plain masak hingga air mendidih, tempatkan di wadah dan biarkan hingga dingin. Agar-agar disini fungsinya untuk mengikat kaldu serta sebagai sumber mineral untuk kucing selain itu bisa membuat makanan kucing ini tahan lama.

2. Membuat Krim Kocok

Krim kocok emang paling yahut untuk topping minuman atau lapisan kue dan roti, setuju?

Daripada kamu kocok dengan menggunakan whisk, coba deh untuk mengocoknya dengan menggunakan blender pada kecepatan low, cukup sebentar saja jangan lama-lama, ini menghemat waktu banget kan.

 

 

3. Mengaduk Adonan Kue

Suatu hari aku kepingin untuk membuat camilan untuk ‘merawani’ wajan Happy Call yang sama sekali belum digunakan, akhirnya aku memutuskan untuk membuat martabak. Karena pernah membuatnya dirumah menggunakan wajan dan mengalami sedikit terlalu matang pada bagian kulit, ini dikarenakan memakai wajan yang biasa dan kurang tebal. Dipastikan ketika menggunakan whisk (udah pasti pegel) dan berhubung gak punya mikser jadilah aku menggunakan blender untuk mengaduk semua bahan.

Voila..! semua bahan tercampur rata dengan baik, hanya sedikit saja aku rapihkan (pada sisi gelas blender) untuk mengaduk sisa terigu yang menempel.

Selain membuat adonan martabak kamu juga bisa membuat adonan kue lainnya seperti pancake, kue cubit, kue bolu dan lain-lain tapi, tidak untuk membuat adonan roti atau donat ya, hehehe.

Baca : Resep Martabak Bolu Pandan

 

4. Membuat Susu

Membuat susu almond, susu kacang hijau, kacang kedelai dan lain-lainnya dari bahan kacang-kacangan bisa kamu buat dengan menggunakan blender, setelah semua halus merata, cukup disaring dan susu homemade tanpa pengawet serta pemanis bisa kamu nikmati deh. Selain sehat tentunya juga hemat loh, soalnya kalau beli susu almond sendiri di supermarket harganya cukup menguras kantong untukku, kalau buat sendiri selain kacangnya bisa untuk dibuat susu, bisa juga dibuat untuk topping smoothies atau kue.

oatmeal dengan susu
Mencampur susu rasa pisang dengan oatmeal

 

5. Membuat Campuran Kompos

Jujur aku masih dalam tahap belajar untuk menuju zero waste, salah satu yang sedang aku jalani yaitu diet plastik, membawa paper bag, botol minum, tempat minum, alat makan dan mengurangi sampah dirumah. Cara untuk mengurangi sampah dirumah dapat kamu lakukan dengan membagi atau memisahkan sampah yang dihasilkan, seperti kulit buah, cangkak telur, daun dari sayuran yang tidak terpakai, semua itu dapat diolah untuk membuat kompos. Setelah dikeringkan, kamu dapat menghaluskannya dengan blender, Setelah bahan halus dan campur secara merata pengaplikasian terhadap tanaman menjadi lebih mudah.

6. Membuat Saus

Membuat saus sambal, saus tomat, saus teriyaki dan lain-lain dapat kamu buat sendiri dengan blender loh. Hayo, pasti belum pernah kepikiran untuk membuat saus sendiri yah? atau hanya aku saja hehehe. Seperti membuat saus untuk membuat bolognase, selain menggunakan saus tomat botolan kayaknya lebih segar deh untuk membuat saus tomat sendiri dengan menggunakan tomat segar yang dihaluskan. Rasanya dan tekstur akan sedikit berbeda karena asam tomat lebih berasa.

low and high blender
Pilih Kecepatan Low atau High? di Cosmos Blenz CB-801

 

7. Membuat Sorbet

Sorbet itu adalah ice cream yang dibuat dengan buah-buahan asli, prosesnya sendiri dihaluskan dan dibekukan berulang untuk mendapatkan tekstur yang di inginkan. Dalam menghaluskan buah yang dibekukan kamu bisa menggunakan blender Cosmos Blenz CB-801, empat pisau yang dimiliki bisa menghaluskan buah beku atau ice dengan baik.

8. Membuat Jus

Masih banyak yang mengira kalau jus itu smoothies dan sebaliknya, padahal keduanya meski terlihat sama namun berbeda loh. Perbedaan antara jus dan smoothies yaitu :

  • Teksturnya, kalau di artikan secara harfiah jus adalah sari dari buah atau sayuran sedangkan smoothies tetap menyertakan serat dalam pemakaiannya sehingga teksturnya memang sedikit lebih kental dan padat.
  • Kandungannya, jus memang lebih banyak cairan daripada smoothies itu sebabnya jus memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih tinggi.
  • Beda Manfaat, Dikarenakan smoothies memiliki serat yang lebih banyak itu sebabnya disarankan untuk menikmati smoothies ketika sarapan karena dapat membantu untuk melancarkan buang air besar dan membersihkan saluran pencernaan. Tapi, buatku sih bisa dinikmati kapan saja. Sedangkan jus dapat kamu nikmati dan ambil manfaatnya untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, gak heran orang yang sering minum jus dapat terlihat awet muda loh guys.
  • Pengolahannya, banyak yang bilang untuk membuat jus dan smoothies adalah dengan menggunakan alat yang berbeda, padahal keduanya bisa menggunakan blender loh. Apalagi dengan blender Cosmos Blenz CB-802, pada cup gelasnya terdapat tambahan lagi untuk menyaring serat dari buah atau sayuran sehingga kamu dapat langsung menikmati tanpa harus menyaringnya kembali.

Berikut Video Sarapan #smoothies yang aku buat dengan menggunakan Blender Cosmos Blenz CB-802 :

jus gulanyagulali
ini jus sayuran, tapi aku tetap menyertakan seratnya sedikit hehehe.. (gak mau rugi anaknya)

9. Membuat Smoothies

Setelah menikah saya mencoba untuk mengganti sarapan nasi uduk, lontong sayur dan bubur ayam dengan smoothies, menurut ilmiah yang saya baca sih dari jam 6-12 siang lambung sedang melakukan pembuangan. Agar tidak memberatkan sistem kerja lambung alangkah lebih baik untuk menikmati makanan yang ringan namun bikin kenyang diantaranya ngemil buah, smoothies atau menikmati salad. Cara terpraktis bagi saya adalah dengan menikmati smoothies, karena saya dapat menerima beberapa vitamin buah dan sayur menjadi satu.

Kali ini saya mau membagikan resep smoothies sayuran dan buahan. Agar lebih semangat makannya, saya membuat tiga layer untuk mempercantik warnanya. Tentunya saat proses menghaluskan dipisah-pisah donk, tapi tenang aja gak ribet kok justru menyenangkan dan bikin nagih membuatnya karena bisa berkreasi mencampurkan aneka bahan.

red yellow oat smoothies in jar
Red Yellow Oat Smoothies in Jar pakai Cosmos Blenz CB-801

 

Red Yellow Oat Smoothies In Jar

untuk 2 (dua) porsi

Bahan :
?Lapisan Pertama
1 gelas menggunakan 2 sdm oat lalu campurkan dengan susu pisang secukupnya sampai oat terendam dan aduk sampai rata.

smoothies oat
Menuang lapisan kedua pada oat yang sudah direndam susu.

 

?Lapisan Kedua (smoothies sayuran – merah) :
1 cup kale
1/2 bh beet
1/2 cup air
1/2 cup pisang beku

Cara membuat :
?Blend jadi satu lalu sisihkan, aku pakai pisang untuk membuat teksturnya kental dan lebih thick, dan tuang diatas oat.

green smoothies
Proses Pembuatan Smoothies Sayuran dengan Cosmos Blenz CB-801

 

?Lapisan Ketiga (buah-buahan) :
1 cup mangga beku
1 bh pisang
1 sdm peanut butter
1/2 bh perasan jeruk lemon
1/2 cup air

Cara membuat :
?Blend semua jadi satu lalu tuang diatas smoothies sayuran
? Kemudian beri topping granola matcha diatasnya, Red Yellow Oat Smoothies In Jar siap dinikmati.

resep smoothies gulanyagulali

 

Kalau gak sempat dinikmati dirumah dengan menempatkannya dalam jar bisa langsung dibawa dan kalau ingin melumatkan semua bahan secara langsung (termasuk oat) juga gak masalah kok, rasanya sama enaknya. Biasanya aku paling senang memakannya ketika dalam keadaan dingin jadi seger semriwing gitu dan tips lain untuk menghemat waktu kamu dapat membuatnya dimalam harinya, jadi ketika pagi hari bisa langsung dimakan. Mirip dengan membuat oat overnight.

Baca Juga : Resep Oat Overnight Yang Gampang Banget

 

red smoothies in jar
Cantik kan warna layernya.

Pemberian jeruk lemon pada buah yang manis seperti mangga memberikan rasa asam yang segar, jadi gak bikin nyelekit manis ditenggorokkan, padahal aku buatnya gak pakai gula hehehe. Membuat jus atau smoothies dengan buah-buahan yang sudah manis, sebaiknya sih tidak menggunakan gula kembali karena manis alami yang kita butuhkan sudah terdapat didalam buah-buahan.

Dalam pembuatan smoothies kali ini aku menggunakan blender Cosmos Blenz CB-801 dengan warna Pink. Type yang satu ini memang dibuat dengan design modern dan kekinian. Itu sebabnya memiliki dua warna pilihan yaitu Pink dan Biru. Tidak memakan waktu lama, semua bahan yang dihaluskan dapat halus merata sempurna. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Blender Cosmos yaitu dapat Berhenti Sendiri.

cb-801 cosmos pink

 

Memilih Blender Pintar yang #BerhentiSendiri

Kalau diatas sudah dijelaskan secara singkat apa yang bisa dilakukan dengan blender, saatnya untuk memberikan tips dan cara memilih blender pintar. Agar dalam setiap fungsi dan penggunaannya mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya sebelum membeli barang tentunya kita mencari testimoni dari beberapa orang yang memakainya, kan gak mau juga kalau sudah beli mahal ternyata barangnya gak bagus atau sudah beli dengan harga murah eh ternyata cepet rusak. Untuk itu aku mau kasih tau gimana caranya memilih blender pintar untuk memenuhi semua kebutuhan apalagi yang satu ini dapat #berhentisendiri.

Sudah tidak diragukan lagi bahkan Cosmos secara konsisten berturut-turut meraih penghargaan Indonesian Good Design dan Top Award sejak tahun 2003 hingga tahun 2018. Soal kualitas udah pasti oke punya.Cosmos Blenz

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Winda & Zaldi | Food Blogger (@gulanyagulali) on

Type Blender yang mau aku rekomendasikan kali ini yaitu Blender Cosmos Blenz CB-801. Brand satu ini memang tidak hanya menjual blender saja tapi juga beberapa alat dapur lainnya seperti kompor, magic com, setrika, kipas angin dan lain-lain. Kebetulan aku memang sejak awal sudah memakai Cosmos Blender CB-802, yang menjadi pertimbangan karena selain bagus dan awet dengan harga yang tidak menguras kantong bisa mendapatkan paket lengkap. Seperti Dry Mill, Wet Mill, Penggiling Daging, Cup besar berkapasitas 1,2 lt disertai dengan penyaringnya.  

magic com cosmos
Alat penanak nasi mini dari Cosmos

 

blender cosmos cb-801
Blender Cosmos Blenz CB-801 Warna Biru, Gemes Banget ya..!

 

Alasan Memilih Blender Pintar Cosmos Blenz CB-801 :

Cup Gelas (Goblet) 1,5 Lt

Kapasitas gelas cup yang dimiliki oleh Cosmos Blender CB-801 adalah 1,5 Lt tentunya ini lebih besar karena biasanya cup gelas blender berkapasitas 1,2 Lt saja. Kamu bisa membuat jus dalam jumlah banyak sekaligus. Terbuat dari plastik yang tebal serta tidak meninggalkan bau dan aman digunakan untuk bahan makanan.

Dry Mill dan Wet Mill

Biasanya untuk gelas cup pembuatan bumbu basah dan kering itu dipisah, kali ini pada Cosmos Blenz CB-801 dengan satu cup saja kamu dapat menggunakannya untuk menggiling bahan makanan kering atau basah. Biasanya paling sering digunakan untuk menghaluskan bumbu.

dry mill cosmos

Safety Lock System

Buat ibu-ibu yang dirumah punya anak kecil, ketika sedang memainkan komponen blender tidak akan berjalan meskipun dalam keadaan tercolok listrik. Karena salah satu komponen dipastikan tidak terpasang dengan baik, dengan adanya safety lock system tersebut dapat memberikan rasa aman didapur ketika menggunakannya. Jadi, kalau gak bisa jalan blendernya bukan berarti rusak ya buibu, coba cek lagi siapa tau kurang kenceng dan gak ngeklik.

penutup blender
Selain safety lock antara goblet cup dengan mesin terdapat juga safety lock penutup dengan goblet cup, Jadi semuanya sampai klik ya!

Pulse Clean

Aku baru tau fungsi dari pulse clean yaitu membersihkan cup dan pisau blender dengan praktis sehabis dipakai, caranya cukup mudah yaitu menuangkan air bersih kedalam cup goblet lalu tekan pulse clean. Seketika gelas cup dan pisau akan menjadi bersih tanpa harus membongkar pasang. Selain itu dapat digunakan ketika saat memblender dan bahan tiba-tiba stuck (biasanya sih ice atau kekurangan cairan) aku suka menekan tombol pulse and clean tersebut serta dan bisa juga untuk menghentikan blender ketika sedang beroperasi.

Suction Cup

Biasanya blender yang ditempatkan dilantai atau meja seringkali karena getaran suka berpindah dan goyang, dengan adanya suction cup pada bawah motor blender membuat blender tetap stay ditempat. Gak usah lagi deh yang namanya menempatkan lap dibawahnya agar blender gak lari kemana-mana huehehe.

motor blender cosmos

Thermostat Overheat Protection

Mesin sewaktu-waktu dapat terjadi panas jika terus menerus bekerja, teknologi Thermostat Overheat Protection pada blender cosmos yang dapat #BerhentiSendiri ini meminimalisir kerusakan mesin karena dapat berfungsi sebagai pemutus aliran listrik di saat suhu mesin terlalu panas. Blender Cosmos CB-801 memiliki daya 300 watt dengan tegangan 220 volt.

Memiliki 4 (Empat) Mata Pisau

Kalau kamu perhatikan empat mata pisau yang terdapat pada blender, keduanya meski sekilas sama namun, memiliki alur yang berbeda. Itu sebabnya untuk penggunaan giling bahan makanan basah, adalah mata pisau yang jarak antara mata pisau dengan dasar itu dekat.

mata pisau blender

 

Dua Kecepatan

Low dan High, meski hanya terdapat dua kecepatan saja namun dapat menghaluskan buah beku dengan baik dan halus sempurna, biasanya aku hanya dua kali menekan tombol high saja.

kecepatan blender cosmos

 

Harga Yang Ramah di Kantong

Menurutku semua harga brand Cosmos itu ramah dikantong dengan kualitas yang bagus, seperti blender Cosmos Blenz CB-801 yang bisa kamu beli dengan harga 400 ribuan saja, bahkan ketika Flash Sale kemarin salah satu market place menjual blender Cosmos Blenz CB-801 dengan harga 111.000 saja. gile..!

Sedangkan untuk type Cosmos Blenz CB-802 dengan harga 500ribuan saja. Belinya dimana? Kamu dapat membeli produk-produk Cosmos di Marketplace miliki cosmos yaitu BelanjaCosmos.com. atau toko eletronik, supermarket serta online shop terpercaya lainnya.

smoothies in jar

Sejauh ini aku memakai Blender Cosmos belum ada keluhan, hanya saja pernah beberapa kali memakai untuk membuat bumbu dasar halus menggunakan Blender Cosmos Blenz CB-802 namun ada beberapa biji ketumbar dan lada yang tidak halus tergiling. Nah, untuk type Blender Cosmos Blenz CB-801 saya belum coba untuk membuat bumbu dasar halus, next postingan akan coba untuk membuat bumbu halus ya, semoga hasilnya sesuai dengan harapan. Kemungkinan mata pisau yang aku gunakan salah, karena setelah diteliti, meski keduanya memiliki 4 mata pisau akan tetapi berbeda alur, ada yang jarak antara pisau dengan dasar terlalu jauh ada juga yang dekat.

Jadi Smart Moms itu salah satunya harus tau nih barang elektronik apa yang harus dimiliki, selain harga dan kegunaan tentunya kualitas yang dimiliki juga harus yang terbaik donk seperti Cosmos Blenz CB-801 atau Cosmos Blenz CB-802. Semoga buat kamu yang sedang mencari Blender dapat tercerahkan setelah membaca tulisan ini serta resep smoothies untuk sarapannya dapat berguna juga.

Terimakasih !

3 thoughts on “Red Yellow Oat Smoothies in Jar Blend with Cosmos Blenz CB-801 + 9 Life Hack with Blender”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *