Menjadi ibu baru tentunya segala sesuatu perlengkapan bayi harus terpenuhi, terutama soal memberikan perlindungan seperti minyak telon. Loh minyak telon?iya karena ternyata perut kembung pada bayi suka bikin panik. Kali ini saya sedang mencoba Sleek Baby Telon Oil untuk Naila, kira-kira cocok gak ya?

Setuju donk kalau minyak telon itu wangi bayi banget. Sebelum menikah aku suka beli minyak telon untuk mengurangi rasa mual dan pusing, walau klaim soal kehangatan memang gak berlaku untuk orang dewasa. Tapi, soal aroma sangat diterima.

Setelah Naila hadir kini minyak telon menjadi salah satu perlengkapan bayi yang gak boleh ketinggalan dan kehabisan.

Mengatasi kolik dan perut kembung

Pengalaman di 1000 Hari Pertama Bayi Mulai Muncul Bercak Merah

Menyandang gelar “menjadi ibu baru” rasanya pengin serba perfect untuk anak pertama, belum ada pengalaman sama sekali (oh jelas) dan rasa keingintahuan serta belajar jadi semakin tinggi dengan menggali informasi sana sini seperti soal 1000 hari pertama bayi, gaya pengasuhan hingga  perawatan bayi beserta merk dagang yang digunakan.

Hari ke-tiga saat kepulangan Naila dari Rumah Bersalin, saya sudah harus siap memandikan sendiri dirumah. Untung saja tempat saya bersalin kemarin sempat diajarkan cara memandikan yang baik dan benar. Meski ibu saya adalah orang yang berpengalaman dalam mengurus anak (bukti nyatanya adalah saya) namun udah lama gak pegang bayi, jadi agak kagok juga.

Saya perhatikan sehabis mandi pasti sekujur tubuh langsung timbul bercak merah, langsung panik takut kalau beberapa perawatan mulai dari sabun dan minyak telon yang saya gunakan tidak cocok dikulitnya. Karena sepengalaman teman dan yang saya baca memang ada yang menimbulkan reaksi dari beberapa bahan perawatan pada merk tertentu.

Minyak telon bayi

Sempat panik sih tapi, setelah kontrol perkembangan untuk pertama kali bahwa hal tersebut (bercak merah di tubuh) adalah normal terjadi pada bayi, tubuhnya sedang mengalami penyesuaian. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu tiada lagi bercak merah dan kulitnya mulus serta mengencang.

Soalnya setiap ada yang menjenguk pasti selalu bertanya “kenapa bayinya, kok begini kulitnya, ibunya salah makan ya dan sebagainya” statement judging yang kadang jadi awal mula bikin kesal, duh jangan yaa buk bicara yang baik-baik aja deh atau kalau bisa kasih tips and trick yang enak di dengar.

Mengatasi Kembung Pada Bayi

Pengalaman pertama lainnya yang bikin bingung adalah ketika bayi nangis. Anak yang baru usianya beberapa hari di dunia tersebut tiada lain mengungkapkan segala sesuatu dengan tangisan, kerjaannya Cuma tidur dan menyusu selama 2 jam sekali.

Pernah suatu malam Naila nangis kejer banget tanpa henti saat malam, seperti ada rasa sakit yang dia tahan. Kami berdua (saya dan suami) berusaha untuk tenang, terus menggendong bergantian dan saya menyodorkan payudara agar dia mau menyusui. Karena nangis melulu kan bikin haus.

Hal tersebut kami ceritakan pada orangtua dan kaka ipar, soalnya sudah beberapa hari setiap malam Naila nangis tanpa henti. Jujur ya, gak sedikit loh yang menyarankan bahwa ini berkaitan dengan hal gaib, anak yang baru lahir katanya “harum” jadi mengundang untuk digoda. Hmm….

Perut kembung pada bayi

Berhubung saya agak penakut, jadi hal-hal mistis saya singkirkan jauh-jauh selama saya masih terus melakukan kewajiban. Nyatanya hal gaib yang banyak orang khawatirkan Alhamdulillah sampai saat ini tidak terjadi (jangan sampai sih). Namun Naila masih saja menangis, bingung sudah pasti bahkan kami berdua kewalahan dimalam hari. Otomatis hal ini juga berpengaruh dalam menjalani aktifitas esok paginya.

Ada beberapa orang yang berpendapat kalau mungkin Naila terkena kolik. Kolik merupakan kondisi pada bayi dengan salah satu gejalanya adalah perut kembung atau ketidaknyaman pada pencernaan hingga menyebabkan ia menangis terus menerus tanpa sebab dan sulit dikendalikan. Sejauh ini kolik yang Naila alami masih dalam batas wajar. Karena tidak terjadi demam, masih menyusui, tidak muntah dan pup berwarna normal.

Pijat bayi
Berikan pijatan lembut dengan minyak telon seusai mandi pada bayi

Menurut artikel dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Gejala intoleransi laktosa pada bayi kolik disertai dengan gejala sering buang air besar dengan tinja encer serta berbau asam, kulit di sekitar anus yang kemerahan, perut agak kembung (terdengar bunyi keroncongan dari dalam). Hal tersebut masih dalam batas normal alias fisiologis, karena seiring bertambahnya usia bayi, gejala tersebut berangsur menghilang. Terbukti saat Naila mulai menginjak usia 3 bulan, tiada lagi tangisan tanpa sebab tengah malam.

Saya juga baru tau saat si kecil minum ASI, biasanya menyusu selama kira-kira 15 menit, pada 5 menit pertama kandungan laktosa dalam ASI tinggi, pada 5 menit kedua kandungan gizi seimbang dan pada 5 menit ketiga kandungan lemaknya tinggi yang menyebabkan bayi merasa kenyang dan menghentikan isapannya. Asupan laktosa dan ASI jadi tinggi dan menyebabkan intolerasi laktosa.

Kolik pada bayi ternyata memang umum terjadi pada usia 6-8 minggu, hal itu semacam kejutan untuk kami sebagai orang tua baru. Mulai dari begadang yang terus menerus dan yang penting mengelola stress. 

Salah satu penanganan yang bisa kami lakukan untuk mengatasi perut kembung dengan cara memijat perlahan perut bayi searah jarum jam kemudian gerakkan kaki seperti mengayuh sepeda dengan membalurkan tubuh memakai minyak telon. Salah satu minyak telon terpercaya dengan keunggulan 2 kali minyak telon biasa yaitu produk terbaru dari Sleek Baby yaitu Sleek Baby Telon Oil.

sleek baby telon oil
Sleek Baby Telon Oil

Sleek Baby Telon Oil memiliki Kandungan minyak cajuput yang dapat menghangatkan bayi mampu mencegah kembung dan melancarkan pernafasan. Kulit Naila yang awalnya sedikit sensitive dengan adanya kandungan minyak kelapa dapat melembabkan kulit selain itu juga dapat melindungi kulit dari bakteri penyebab iritasi,  ditambah 2 kali minyak anisi lebih banyak.

Minyak telon sleek baby
Kandungan pada Minyak Telon Sleek Baby Telon Oil

Sebelum diketahui perut kembung, kami juga sempat mengecek popoknya takut kalau terlalu lembab dan penuh yang membuat bayi tidak nyaman selain itu, periksa ke seluruh pakaiannya takut kalau gatal dan ada binatang seperti semut dan terakhir saya pasti selalu mengoles minyak telon keseluruh tubuh Naila guna untuk menghangatkan tubuhnya sesekali dipijat, seperti pijat kolik.

pijat bayi dengan minyak telon

Alhamdulillah dengan dipijat lembut bisa membuat Naila menjadi lebih tenang. Sleek Baby adalah salah satu produk bayi yang aman digunakan, malah sejak Naila lahir aku memang sudah pakai produknya yaitu varian pembersih botol dan deterjen pakaian yang memiliki kandungan natural plant extract.

 Kemarin aku juga sempat coba produk lainnya dari Sleek yaitu Foamy Hand Wash yang food grade dengan kandungan extract honey and moisturizer, wanginya enak banget dan gak bikin kering, cocok banget digunakan saat pandemic seperti sekarang. Bukan hanya saya saja yang rajin cuci tangan loh, Naila juga sering saya bersihkan tangannya, apalagi sekarang mulai suka memasukkan tangan dan kaki kedalam mulutnya.

Foamy hand wash sleek
Foamy Hand Wash Sleek wanginya enak deh!

Kemasan dari minyak telon Sleek Baby Telon Oil tersedia adalah dua ukuran yaitu 30ml dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp.13.000, cocok banget untuk dibawa berpergian karena ukurannya yang mungil  dan ukuran 70ml dengan HET Rp.28.000,-. 

Sleek Baby Telon Oil
Sleek Baby Telon Oil ada dua ukuran yaitu 30 ml dan 70 ml

Designnya clean, minimalis dan terkesan lebih premium dari minyak telon pada umumnya, dengan warna ungu yang menjadi ciri khas produk Sleek. Tutupnya dibuat flip flop yang memudahkan penggunaan jadi gak khawatir kalau harus kehilangan tutupnya.

Sleek Baby
Tutup flip flop gampang digunakan

Sejak dulu saya paling suka wangi minyak telon, soalnya wangi bayi banget. Sleek Baby Telon Oil wanginya ternyata juga khas ada sedikit hint wangi minyak kayu putih yang menenangkan. Ditambah sensasi hangatnya juga dapat melegakan pernafasan si kecil. 

Selain wangi dan packaging yang menarik sekarang konsumen di Indonesia mulai concern dengan ke-halal-an suatu produk, nah gak usah khawatir karena Sleek Baby Telon ini sudah halal dan terdaftar dalam MUI.

perlengkapan bayi telon
Bisa digunakan oleh bayi baru lahir (newborn)

Naila sempat terserang flu, kalau udah mampet pasti nangis dan susah tidur. Selain sehabis mandi, kalau udah flu gini sebelum tidur atau saat ganti popok saya pasti membalurkan kembali minyak telon pada tubuhnya terutama perut dan dada agar dia tetap nyaman dan bisa bernafas lega. 

Produk bayi

Makin suka aja deh ciumin si kecil kalau udah pakai minyak telon Sleek Baby Telon Oil, karena gak hanya menghangatkan tapi minyak telon menurut saya juga sebagai salah satu parfume untuk bayi. Makanya seneng banget bisa bertemu produk bayi andalan yang bersama melindungi bayi seperti Sleek Baby Telon Oil karena bisa menjadi salah satu pilihan terbaik si kecil terutama pada 1000 hari pertama kehidupannya.

Instagram @Sleekbaby_id
Website https://www.sleekbaby.co.id/
Facebook https://www.facebook.com/SleekJugaSayangAnak/

2 thoughts on “Sleek Baby Telon Oil, Minyak Telon Yang Memberikan Perlindungan Pada Bayi di 1000 Hari Pertamanya”

  1. Hai Naila…
    Apa kabar Nak? Semoga sehat terus ya. Selamat datang di bumi yang warna-warni dan hangat. Semoga kamu dapat banyak cinta sekarang, nanti, dan selamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *