Saat hamil sang ibu mengalami perubahan fisik dan hormone. Untuk melengkapi asupan gizi yang diperlukan oleh janin atau calon baby tentunya harus diperhatikan asupan gizi yang baik dan tepat, dibutuhkan seperti makronutrien (karbohidrat, protein dan lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral).

Diantaranya ke-6  jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti Energi, protein, zat besi, karbohidrat, kalsium, asam folat dan vitamin. Namun kini saya mau menyoroti salah satu jenis nutrisi yaitu protein yang dapat di olah menjadi makanan yang sehat dan tentunya juga enak bagi ibu hamil dengan menggunakan Bonanza Beef.

Bagaikan gayung bersambut saat jalan-jalan ke Hero Departement Store di Lippo Mall Puri ada demo cooking menggunakan daging sapi pilihan dari Bonanza Beef, tidak tanggung-tanggung ada sekitar 3 resep yang diberikan secara Cuma-Cuma.

Sumber Protein Hewani Untuk Ibu Hamil Dengan Bonanza Beef

Siang itu Demo Cooking dibuka dengan meriah oleh sang MC, duh saya lupa siapa namanya hehehe. Akan tetapi untuk tiga olahan dengan menggunakan Bonanza Beef akan diperagakan oleh salah satu jebolan Masterchef Indonesia yaitu Chef Gaby.

Bagi ibu hamil mengkonsumsi protein hewani sangat penting sebagai salah satu asupan nutrisi yang diperlukan. Sumber protein yang terbaik adalah protein hewani seperti telur, susu, ikan, daging dan kacang-kacangan. Hal ini bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan payudara ibu sebagai persiapan menyusui dan meningkatkan suplai darah dalam tubuh.

Selain itu protein juga dapat membantu perkembangan sel otak janin, menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013, ibu hamil membutuhkan asupan protein hewani sebanyak 20gr di luar kebutuhan sehariannya.

Nah, kali ini saya menginjak usia kehamilan 31 minggu, dimana asupan nutrisi yang dibutuhkan masih sangat penting hingga saat menyusui nanti. Hanya saja jika menyoroti soal protein hewani seperti daging sapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu haruslah mengkonsumsi daging yang dimasak dengan matang dan hindari daging yang diolah setengah matang dan olahan daging seperti kornet, abon, dendeng dll.

Salah satu produk daging sapi dengan kualitas terbaik yaitu Bonanza Beef. Dikenal sebagai Pineapple Fed Beef karena seluruh sapi yang diternak langsung oleh Bonanza juga diberikan pakan nanas sebagai salah satu sumber gizi untuk menghasilkan daging yang berkualitas.

Nanas dikenal sebagai bahan yang sangat baik untuk pengempuk daging karena memiliki kandungan enzim alami yang dapat memecah protein. Sedangkan kulitnya-lah yang digunakan sebagai pakan untuk sapi tersebut.

Bukan sembarang sapi yang diternak, Bonanza Beef benar-benar memelihara dan merawat sapi-nya dengan sangat baik hingga mendapatkan daging sapi yang berkualitas. Breed Sapi di peternakan Great Giant Livestock yang berasal dari Australia kemudian diperlihara ditengah area perkebunan Lampung yang bersih dan nyaman.

Masing-masing sapi dipeternakan Bonanza Beef memiliki RFID Tag yang berfungsi untuk melacak apakah sapi tersebut dan memperhatikan kesejahteraannya dari tahap awal hingga pemotongan. Bagi umat muslim tentunya bertanya-tanya soal bagaimana cara penyembelihan sapi Bonanza Beef. Alhamdulillah sapi-sapi tersebut disebelih dengan cara yang Halal, daging dibersihkan dan digantung untuk proses aging lalu dikemas dan divacum hingga terjaga kesegarannya, menghasilkankan citarasa yang lebih kuat dan tetap aman kualitasnya hingga sampai pada tangan konsumen.

Sudah pasti kualitasnya gak perlu diragukan lagi donk dan insya Allah juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan dalam pengolahannya tentunya harus matang rata sempurna. Terkadang kalau beli dipasaran itu kita harus request dan tahu betul untuk bagian-bagian daging yang akan dimasak, salah-salah daging bisa kurang greget gitu nantinya kalo dimasak.

Nah, kalau dengan Bonanza Beef ada berbagai macam daging yang sudah dipisahkan secara khusus yang cocok untuk masakan apa saja, buat ibu muda seperti saya yang gak mau repot tentunya ini sangat membantu sekali agar dapat menghasilkan masakan yang gak kalah enak seperti di restoran atau hotel bintang lima.

Tiga Olahan Masakan Dengan Bonanza Beef

Kali ini Chef Gaby akan memberikan demo cooking tiga olahan masakan dengan menggunakan Bonanza Beef, dimana masing-masing masakan dibuat secara cepat, minim bumbu tapi enak rasanya dan daging tetap terasa lembut dan empuk. Penasaran kan.

Sebelumnya produk daging sapi Bonanza Beef terdiri dari potongan untuk Steak (Tenderloin, Sirloin, Cuberoll dan Rump), Untuk daging masak kering (Topside, Knuckle, Silverside, Chuck, Chuck Tender), Untuk daging masak kuah (Brisket, Blade, Shank, Short Ribs, Oxtail) dan juga tersedia dalam bentuk olahan seperti Bakso Daging Sapi (Tanpa Pengawet).

Resep atau olahan masakan pertama dengan Bonanza Beef yaitu

1. Nasi Gyudon

Gyudon adalah makanan Jepang jenis Donburi berupa semangkuk nasi putih yang diatasnya diletakkan irisan daging sapi bagian perut dan bawang Bombay yang sudah dimasak secara lezat dan sempurna.

Kalau beli di restoran Jepang tentunya enak dan nikmat, tapi terkadang kalau lagi kepingin hemat dan terasa special untuk hidangan dirumah juga bisa banget yaitu dengan daging sapi Bonanza Beef. Dagingnya sudah dipotong tipis memanjang secara merata, jadi kamu tinggal masak saja. Nah, kalau beli di pasar tradisional udah tentu bakalan repot buat motong secara tipis seperti ini, karena setau saya untuk mendapatkan ketebalan yang merata pada daging seperti untuk gyudon diperlukan alat khusus untuk memotongnya.

Pengolahan daging Gyudon dari Bonanza Beef juga tidak perlu terlalu lama masaknya dan bumbunya juga gak terlalu ribet, cukup dengan menggunakan saus teriyaki saja.

2. Sirloin Steak with Mushroom Sauce

Daging yang digunakan yaitu Sirloin kamu bisa memasaknya dengan tingkat kematangan sesuai selera, nah buat ibu hamil sebaiknya dimasak secara well done (matang sempurna) karena emang gak diperbolehkan untuk menikmati daging setengah matang. Bahkan dalam memasaknya cukup diatas pan dengan keadaan daging yang sudah dilumuri dengan sea salt dan lada dan sebagai aroma saat dimasak tambahkan bawang putih agar lebih maknyos.

Steak tak akan lengkap tanpa sauce-nya. Ternyata membuat mushroom sauce ini gampang banget, jamur yang digunakan yaitu jamur champion dengan tambahan bahan lainnya seperti susu, gula, garam atau kaldu jamur, margarine/mentega dan terigu. Bahan yang sesimple itu ternyata dapat menghasilkan rasa yang enak layaknya di restoran.

3. Daging Cah Cabe Hijau

Olahan daging sapi yang terakhir ini mengingatkan saya akan masakan rumahan. Meski daging yang sudah dipotong secara dadu tersebut tanpa tambahan pengempuk lagi seperti nanas ataupun daun singkong setelah dimasak bisa menghasilkan daging yang cukup empuk dan gak alot. Bumbu dasarnya juga mudah dicari seperti cabai hijau, bawang putih, bawang Bombay, gula, garam dan kaldu jamur.

Sepulang dari acara Demo Cooking bersama Bonanza Beef memberikan aku pencerahan banget untuk memenuhi asupan nutrisi protein hewani selama masa kehamilan. Untuk dapat mendapatkan produk Bonanza Beef bisa didapatkan di Superindo, Hero Dept Store, Ranch Market, Farmers Market, Hypermart, Foodhall, Lulu Dept Store, Lotte Mart, Food Mart, Rumah Buah, Duta Buah, Rejeki, Alfa Midi, MGH, GS Supermarket, Gelael, Loka, Papaya dan Diamond.

Yuk bikin kreasi masakan dengan Bonanza Beef.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *